02 May 2022, 15:50 WIB

Presiden Jokowi dan Keluarga Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

Antara
 Antara
Presiden Jokowi, Ibu Negara dan sang putra bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta.

PRESIDEN Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan putra bungsunya, yakni Kaesang Pangarep, bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta pada Senin (2/5) ini.

Kunjungan itu bertepatan dengan 1 Syawal 1443 Hijriah. Presiden juga menyampaikan selamat Idulfitri kepada Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta.

"Karena saya Idulfitri berada di Yogyakarta, tentu saja pertama kali yang kami kunjungi. Untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin, kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem  beserta Ibu Ratu dan keluarga," ujar Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara Salat Id di Halaman Gedung Agung

Rombongan Kepala Negara tiba di Keraton sekitar pukul 09.10 WIB. Presiden dan Ibu Negara langsung disambut keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan. Kemudian, mereka masuk menuju area dalam Keraton. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat baik. "Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah," kata Presiden.

Senada, Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan bahwa perbincangan diisi dengan topik yang ringan. Menurutnya, pertemuan tersebut utamanya adalah untuk bersilaturahmi pada Hari Raya Lebaran.

Baca juga: Wapres Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

"Bagi saya kita silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang urgent, maupun yang penting. Politik, ekonomi, nggak. Kita silaturahmi," jelas Sultan.

Sekitar pukul 09.35 WIB, Presiden Jokowi dan keluarga pun berpamitan. Rombongan meninggalkan Keraton Yogyakarta untuk kemudian kembali ke Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Dalam pertemuan tersebut, hadir sejumlah anak dan menantu Sultan Hamengkubuwono X. Mereka ialah GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendoro, KPH Yudanegara, KPH Notonegoro dan KPH Purbodiningrat.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT