29 April 2022, 17:44 WIB

Puluhan Rumah di Musi Rawas Rusak Diterjang Puting Beliung


Dwi Apriani | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

PUTING beliung menerjang sejumlah desa di Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Kamis (28/4) malam. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas, sedikitnya ada 24 rumah warga yang rusak berat dan 58 rusak ringan, akibat disapu angin puting beliung tersebut. Kepala BPBD Musi Rawas, Darsan menjelaskan, pendataan ada puluhan rumah rusak dan saat ini masyarakat dibantu unsur pemerintah serta relawan mulai membersihkan dan memperbaiki rumah warga.

"Rumah rusak berat di Desa Muara Beliti Baru, diperbaiki sementara oleh masyarakat disana dibantu TRC BPBD Musi Rawas dengan memasang terpal di  bagian atapnya," jelasnya.

Kemudian, Laboratorium Dinas Kesehatan juga dipasang Terpal Penutup sementara oleh TRC BPBD Musi Rawas di bagian atapnya untuk mengantisipasi terjadinya hujan.

"Pohon tumbang yang menutup jalan di Desa Ramayu dan Desa Petunang juga sudah di bersihkan sehingga lalu lintas kembali lancar dan kabel listrik juga sudah mulai di perbaiki oleh PLN," kata Darsan.

Sementara itu, jumlah kerusakan di Desa Muara Beliti Baru dan Komplek Perkantoran Pemkab Musi Rawas Kecamatan Muara Beliti, lima rumah rusak berat dan 10 rumah rusak ringan. Di Kelurahan Pasar Muara Beliti terdata 17 rumah rusak berat dan 43 rumah rusak ringan. Rumah tersebut mayoritas rusak di bagian atap. Desa Suro satu rumah rusak berat dan lima rumah rusak ringan.

Kemudian di Desa Ramayu Kecamatan Tuah Negeri beberapa rumah rusak bagian atap. Juga ada dua titik pohon tumbang di Jalan Lintas Sumatera Ramayu serta menimpa kabel listrik.

Di Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri bedeng milik Adiyos Lena yg dihuni tiga KK rusak bagian atap terangkat dan beberapa rumah rusak ringan. "Juga ada tiga titik pohon tumbang di Jalan Lintas Sumatera serta menimpa kabel listrik," ujar Darsan. (OL-15)

BERITA TERKAIT