28 April 2022, 21:05 WIB

Menteri Perhubungan Menilai Kepadatan Pemudik belum Terjadi


Reza Sunarya | Nusantara

MI/REZA SUNARYA
 MI/REZA SUNARYA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau arus mudik Lebaran di pintu Tol Cikopo

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau arus mudik mulai dari
Simpang Gadog hingga pintu Tol Cikopo dari udara, Kamis (27/4).

Dia mengungkapkan dari hasil pantauan arus lalu lintas belum terlihat
adanya kepadatan pemudik yang signifikan.

"Tadi beberapa kali kita sempat melihat beberapa pergerakan itu relatif landai. Setelah itu juga landai. Baru di kilometer 57 disitu ada rest area. Jadi memang kelihatannya manajemen sirkulasi di rest area ini selalu menjadi satu masalah," Kata Menhub setiba di Posko Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut Budi, penumpukan kendaraan di rest area akan menjadi masukan
Kementrian Perhubungan untuk melakukan penanganan. "Karena kalau mudik itu relatif tidak terlalu mendesak tetapi pada saat balik itu sangat krusial. Mereka berasal dari Madiun, Surabaya, sampai disini titik lelah, sehingga hampir pasti harus singgah di rest area," ungkapnya.

Menurut Budi, semua harapan terus dijalankan sesuai dengan usulan Korps Polisi Lalu Lintas bahwa 4 rekayasa baru dipergunakan apabila
memang diperlukan.

"Di atas tadi kita lihat bahwa kemacetan tidak begitu besar, sehingga yang dilakukan oleh polisi adalah kontra flow, jadi sampai sekarang belum ada one way apalagi ganjil genap. Kita akan melihat nanti apakah jam 5 terjadi datu penumpukan, kalo terjadi maka pertama kali yang akan dilakukan adalah one way dan yang kedua ganjil genap," pungkasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT