28 April 2022, 15:15 WIB

Okupansi Hotel di Bali Naik 30 Persen Jelang Lebaran


Arnoldus Dhae | Nusantara

Ist
 Ist
Hotel di Bali

OKUPANSI hotel di Bali naik rata-rata 30% menjelang hari raya Idulfitri tahun 2022. Senior Sales Manajer Discovery Kartika Plaza Hotel Natalie menjelaskan, sejak dibukanya penerbangan langsung ke Bali dari berbagai negara, okupansi hotel yang terletak di Jl Kartika Plaza tersebut mulai naik drastis.

"Kami sudah menerima turis asing sejak pertengahan Maret 2022. Hal ini bersamaan dengan kebijakan pemerintah yang menghapus karantina, menghapus kebijakan tes antigen dan PCR bagi wisatawan," ujarnya di Kuta, Kamis (28/4).

Sejak dibukanya Bali bagi turis asing, hunian hotel di Bali mulai meningkat perlahan namun pasti. Menurut Natalie, hingga saat ini okupansi di Discovery Kartika Plaza Hotel sejak pertengahan Maret naik sampai 30%. Padahal saat itu baru dibuka. Okupansi ini terus naik perlahan, hingga saat ini, menjelang Lebaran naik sebesar 30% lagi. Sehingga total hunian saat ini mencapai 60%.

"Total saat ini mencapai 60% okupansi. Karena adanya promo paket Lebaran ke Bali. Kami menerapkan harga yang fleksibel. Jadi ada paket promo Lebaran, ada promo meeting dan sebagainya," imbuhnya.

Baca juga: UMKM di Badung Bali Dapatkan Dukungan Sogo dan Alun-Alun Department Store

Saat ini, untuk turis asing masih didominasi oleh Australia, disusul India. Setelah itu baru Singapura dan Eropa dan Amerika. Australia masih menjadi yang teratas dalam jumlah kunjungan ke Discovery Kartika Plaza Hotel.

Ke depan, industri hotel di Bali berharap agar tingkat hunian hotel di Bali segera pulih. Sebab hampir dua tahun tingkat hunian semua berada di bawah 20% hingga zero.

"Kami berharap, dan ini semua industri hotel di Bali berharap agar hunian hotel segera pulih sehingga pariwisata Bali cepat bangkit," tuturnya.

Selama ini pasar Discovery Kartika Plaza Hotel adalah Australia. Namun ke depan, pihaknya akan menyasar semua pasar terutama seluruh negara Asia, Turki, Timur Tengah lainnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT