27 April 2022, 15:37 WIB

Pemudik Bisa Lewat Jalur Selatan, Tapi Minim Penerangan


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
 ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi: Foto udara Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Kecamatan Ciandum, Kabupaten Cianjur

JALUR lintas selatan selatan (JLSS) atau pantai selatan (pansela) antara Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) hingga Yogyakarta dapat menjadi alternatif bagi pemudik. Hanya saja, pemudik diimbau jangan melalui jalur tersebut pada malam hari karena minim penerangan jalan.

Di sisi lain, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengakui kondisi lampu penerangan jalan yang kurang. Bupati mengimbau agar masyarakat mengurangi kecepatan, apalagi jalannya mulus dan lurus.

"Kebumen memiliki tiga jalur besar, jalur utama di sisi utara, Jalan Daendels dan JJLS atau pansela. Paling penting masyarakat harus menjaga kecepatannya karena ini los betul seperti jalan tol, batas kecepatan maksimalnya 80 km/jam," ujar Bupati.

Bupati mengimbau kepada pemudik agar tidak segan untuk beristirahat. Jalur Pansela Kebumen banyak menyediakan tempat istirahat. Letaknya yang sangat dekat dengan pantai, juga bisa dijadikan tempat untuk berwisata.

"Pemudik juga bisa sekalian berwisata di Kebumen, ada banyak wisata pantai dan agrobisnis di sini. Pemudik bisa menikmati liburan lebaran dengan berwisata di Kebumen," tuturnya.

Baca juga: Jelang Masa Mudik Lebaran, Kebumen Kebut Perbaikan Jalan

Sebelumnya, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meninjau jalur dan menyatakan jalur selatan ini aman dan bisa dilalui pemudik.

"Cuma pesan saya, di wilayah kita masih belum ada penerangan lampu yang memadai. Saya imbau nanti harus berhati-hati untuk tidak lengah, karena jalurnya ini sangat bagus sekali jangan sampai terjadi kecelakaan yang fatal karena kelalaian kita," kata Kapolda.

Menurutnya, jalur Pansela bisa digunakan sebagai jalur alternatif yang memadai, tatkala jalur utama di perkotaan mengalami kemacetan.

"Secara umum Pospam dan Pelayanan masyarakat di jajaran Polda Jawa Tengah. Saya sudah sangat siap mengamankan mudik lebaran," ungkapnya.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT