25 April 2022, 17:45 WIB

Amankan Pelonggaran Sosial, BIN Masifkan Vaksinasi di Jogja


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.humas bin
 dok.humas bin
BIN DIY erus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di semua kabupaten dan kota se-DIY seiring pelonggaran sosial yang dilakukan pemerintah

SEIRING dengan melandainya kasus Covid-19 di Tanah Air, Pemerintah mulai secara gradual  melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat. Kegiatan ibadah Ramadan di masjid-masjid kini sudah hampir normal, dan mudik libur panjang Lebaran akan kembali diwarnai tradisi mudik.

Untuk mendukung pelonggaran aktivitas masyarakat ini, Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (BIN DIY) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di semua kabupaten dan kota se-DIY. Hal ini sebagai mitigasi risiko sehingga pelonggaran sosial tidak berakibat melonjaknya kembali kasus Covid-19.  

Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, masyarakat harus memiliki kekebalan yang memadai untuk bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman di tengah masyarakat. Kekebalan ini dapat dicapai minimal dengan vaksinasi dosis primer dan idealnya hingga dosis booster. “Vaksinasi hingga dosis booster  sangat penting, karena akan memberikan imunitas yang baik di tengah terjadinya mutasi virus. Apalagi saat ini varian Omicron berpotensi menyebar dengan cepat. Vaksinasi  merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus karena interaksi sosial yang tinggi saat ini,” kata Brigjen Andry Wibowo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (25/4)

Kegiatan vaksinasi di DIY di hari libur akhir pekan ini, lanjut Andry, di antaranya bertempat di Sleman City Hall dan Teras II Malioboro, Kota Yogyakarta. Pelayanan vaksinasi dibuka pada pagi dan sore hari. Untuk kegiatan ini, BIN DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah DIY.

“Kita berharap, dengan semakin luasnya vaksinasi hingga dosis booster di Yogyakarta, masyarakat dapat menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk nanti bersilaturahmi bersama keluarga di hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, dan lancar,” sambung Andry Wibowo.

Lokasi lain yang dipilih BIN DIY untuk menggelar layanan vaksinasi adalah Masjid Agung Manunggal, Bantul.  Di sini, BIN DIY bekerjasama dengan  Kantor Kemenag Bantul, Polres Bantul,  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Nahdatul Ulama (NU).

Salah seorang warga mengaku senang mendapatkan vaksinasi, karena kini dia bisa tenang saat beraktivitas sehari-hari. “Saya awalnya ragu-ragu, boleh tidak saat puasa itu divaksin. Setelah mendapatkan penjelasan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa, boleh, saya langsung vaksin di lokasi,” kata Surahyo, warga Kembanggede, Kalurahan Guwosari Pajangan, Bantul.

Kabinda DIY, Andry  Wibowo mengatakan,  kegiatan vaksinasi massal akan terus diakselerasi untuk  mewujudkan kekebalan komunal masyarakat. (OL-13)

BERITA TERKAIT