24 April 2022, 16:05 WIB

Arus Mudik Lebaran Mulai Naik di Terminal Mengwi Bali


Ruta Suryana | Nusantara

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
 Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Penumpang bersiap memasuki bus AKAP saat mudik ke kampung halaman di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Senin (11/4).

ARUS penumpang mudik menjelang lebaran di terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, menuju ke sejumlah kota dan daerah di Jawa mulai naik walau belum signifikan. Diperkirakan angkanya semakin meningkat pada H-5 lebaran.

"Kenaikan arus penumpang sudah mulai sejak Sabtu (23/4). Dalam satu hari itu ada 29 bus yang berangkat tujuan ke Jawa," ujar Made Arya Drestha Basmadhika, staf bagian lalu lintas di terminal Mengwi, Badung, Bali, Minggu (24/4). 

Namun Drestha tidak merinci jumlah maupun kenaikan penumpang yang berangkat tujuan ke Jawa tersebut. Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran tahun ini, kata Drestha, ada 14 perusahaan otobus (PO) bus yang siap mengerahkan armadanya untuk melayani lonjakan penumpang. 

Untuk kenaikan harga tiket mulai diberlakukan sejak Rabu (20/4). Kenaikannya bervariasi mulai 6% hingga 27% tergantung tujuan kota. "Tujuan ke Yogyakarta kenaikan harga tiketnya paling tinggi yaitu 27%," ujarnya.

Baca juga: Pemudik Mulai Lewat Jalur Tengah di Banyumas

Pembangunan posko Lebaran akan dibuat dan dituntaskan Minggu (24/4) sehingga mulai 25 April sudah bisa beroperasi yang diajdwalkan hingga 10 Mei mendatang. Sesuai jadwal, petugas yang terlibat di posko tersebut berasal dari 10 instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan lainnya. "Masing-masing dari instansi ada dua personel," jelas Drestha. (OL-14)

BERITA TERKAIT