21 April 2022, 15:15 WIB

Jalur Pantura Brebes-Tegal-Pemalang Siap Dilalui Arus Mudik


Supardji Rasban | Nusantara

 MI/Supardji Rasban
  MI/Supardji Rasban
Kendaraan melintas di jalur Pantura ruas Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, kabupaten Brebes, Kamis (21/4/2022)

SECARA umum jalur Pantura mulai Losari, Kabupaten Brebes di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, hingga Kabupaten Pemalang, sudah siap dilalui arus mudik dan balik  Lebaran 2022. Jalur tersebut juga siap mendukung diterapkannya rekayasa lalu lintas one way, baik secara fisik jalan dan sarana jalan pendukung sudah baik dan juga sudah siap digunakan.

Hal itu disampaikan Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Jawa Tengah, ruas jalan nasional Brebes-Tegal-Pemalang, Wisnu Herlanbang, saat memantau Posko Mudik di ruas jalan nasional Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupoaten Brebes, Kamis (21/4).

Wisnu menuturkan untuk arus mudik dan balik tahun ini ruas Jalingkut Brebes-Tegal, juga akan digunakan. Sesuai rencana awal, kendaraan berat yang dilarang masuk  Kota Brebes dan Kota Tegal, akan dimasukan ke Jalingkut

"Kami mengimbau kendaraan yang melalui Jalingkut Brebes-Tegal harus hati-hati, karena kondisi jalurnya masih dua lajur dan dipakai untuk dua arah. Kondisi  seperti itu menyebabkan rawan kecelakaan, karena akselerasi kendaraan terbatas," ujar Wisnu.

Wisnu menjelaskan, berbeda dengan jalur Pantura yang memiliki dua jalur dengan empat lajur. Semua kendaraan memang diperbolehkan menggunakan jalingkut, tetapi untuk sepeda motor sebaiknya masuk kota," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, Jalingkut Brebes-Tegal, sudah mulai diperasikan penuh, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Jalingkut Brebes-Tegal tersebut dibangun untuk mengurai kepadatan arus kendaraan yang melakui Kota Brebes dan Kota Tegal. (OL-13)

Baca Juga: Kasusnya Macet sejak 2014, Korban Koperasi di Riau Mengadu ke Kapolri

BERITA TERKAIT