20 April 2022, 20:34 WIB

Mudik di Malang Tanpa Penyekatan


Bagus Suryo | Nusantara

MI/Bagus Suryo
 MI/Bagus Suryo
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko 

MUDIK di Kota Malang, Jawa Tumur, bakal lancar lantaran tidak ada penyekatan seperti tahun lalu. Hal itu mengemuka saat rapat koordinasi pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Balai Kota Malang, Rabu (20/4).

"Kita tidak ada penyekatan, jadi kendaraan bebas keluar masuk Kota Malang. Namun kendaraan berat ada pembatasan, terutama kendaraan-kendaraan besar," kata Wakapolresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto.

Ia menjelaskan, sejalan dibolehkannya mudik, volume kendaraan bermotor bakal melonjak tajam. Kondisi itu diprediksi terjadi pada puncak arus mudik 29 April-2 Mei 2022.

"Tentu akan meningkatnya situasi arus kemacetan. Kita lihat dari arah Surabaya ke Kota Malang di exit tol Karanglo akan panjang, juga di Batu menuju ke arah Kota Malang," tuturnya.

Baca juga: Pemda Diminta Percepat Vaksinasi Covid-19 Menjelang Mudik

Terkait hal itu, tentu Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas akan mengantisipasi kemacetan.

"Kita akan membuat tujuh pos untuk keamanan, itu di berbagai titik. Termasuk di pintu masuk Kota Malang," imbuhnya.

Pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2022 menghadapi Lebaran melibatkan semua pihak termasuk TNI dan Pemkot Malang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyatakan terpenting semua pihak menyiapkan sesuai tugas masing-masing. Kesiapan itu meliputi pengamanan, kesehatan, energi, stabilitas bahan pokok termasuk persiapan salat ied dan malam takbir.

"InsyaAllah di Malang sudah siap menyongsong datangnya Idulfitri. Baik persiapan dan antisipasi arus mudik dan menata masyarakat yang akan kembali ke kota tujuan," tutur Bung Edi.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT