20 April 2022, 13:15 WIB

Persiapan Mudik Pegadaian di Bengkulu Diserbu Warga


Marliansyah | Nusantara

MI/Ferdinus R
 MI/Ferdinus R
Kantor pegadaian mulai diserbu warga menjelang lebaran 2022.

PEGADAIAN di Bengkulu mulai ramai disambangi warga menjelang lebaran 2022. Mereka menggadaikan barangnya untuk persiapan mudik dan hari raya Idul Fitri.

Pemimpin Cabang Pagadaian Cabang Bengkulu, Yasrizal di Bengkulu, menyebutkan masyarakat yang menggadaikan barang meningkat mencapai enam hingga tujuh persen jika dibandingkan dengan bulan Maret 2022 lalu.

"Pada April ini yang juga bertepatan dengan Ramadan terjadi peningkatan gadai barang sebesar enam hingga tujuh  persen," kata Yasrizal, Rabu (20/4)

Barang yang digadai, lanjut dia, sebanyak 90 persen masih didominasi berbentuk emas atau perhiasan emas. Sedangkan sisanya 10 persen ada kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan barang-barang elektronik.

Jumlah barang seperti emas dan perhiasan emas yang saat ini tergadai di pegadaian sebanyak 2.000 unit. Untuk kendaraan roda dua sebanyak 30 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 12 unit.

Selanjutnya, barang-barang elektronik seperti televisi, handphone dan laptop yang jumlahnya sekitar 50 unit lebih.

"Masyarakat yang telah menggadaikan barang di pegadaian menjelang H-7 Lebaran akan terjadi lonjakan penebusan barang," tegasnya.

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, kata dia, jika sudah mendekati Lebaran biasanya terjadi lonjakan penebusan.

Biasanya, jika Tunjangan Hari Raya (THR) sudah banyak cair dan belum lagi yang akan memakai barangnya seperti mobil, motor ataupun perhiasannya saat Lebaran maka akan ditebus.

Barang yang digadai tersebut, pegadaian memberi jangka waktu selama empat bulan untuk menebus. Jka tidak ditebus dalam jangka waktu tersebut, maka pihak Pegadaian akan melakukan lelang terhadap barang yang tidak tertebus. (OL-13)

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Pantura Jateng Naik Lagi

BERITA TERKAIT