16 April 2022, 22:01 WIB

Songsong Libur Lebaran, Binda Kaltim Masifkan Vaksinasi Di Empat Wilayah


mediaindonesia.com | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Binda Kaltim terus mengintensifkan vaksinasi ke semua wilayah, kali ini menyisir empat wilayah yakni Bontang, Kutai Kartanegara, Balikpapan 

MOBILITAS dan interaksi sosial masyarakat diyakini akan mengalami peningkatan saat libur Lebaran akhir April hingga awal Mei nanti. Pelonggaran sosial yang diberikan Pemerintah seiring dengan liburnya sekolah dan kantor-kantor Pemerintah maupun swasta akan mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan ke luar kota, baik untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga maupun sekadar berwisata.

Mengantisipasi hal ini, Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Timur (Binda Kaltim) terus mengintensifkan vaksinasi ke semua wilayah; dan kali ini menyisir empat kota dan kabupaten yakni Bontang, Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Kutai Timur.

“Binda Kaltim akan terus mengintensifkan kegiatan vaksinasi untuk memastikan masyarakat memiliki perlindungan memadai saat memasuki musim libur Lebaran akhir April ini. Dengan vaksinasi, terutama dosis booster, tubuh setiap anggota masyarakat akan memiliki kekebalan yang memadai untuk berinteraksi sehingga akan terhindar dari penularan atau setidaknya membuatnya tidak sakit parah bila tetap terinfeksi," ujar Kabinda Kalitim, Brigjen TNI Danni Koswara dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/4).

Antusiasme masyarakat, menurut Danni, sangat baik dalam mengikuti kegiatan vaksinasi. Mereka datang dari berbagai kelompok usia, sejak usia 6-11 tahun, remaja, dewasa, hingga lansia. Dosis yang disiapkan terutama untuk penguat atau booster karena rasio  capaiannya yang masih rendah. Namun masyarakat yang datang untuk mendapatkan suntikan dosis pertama atau kedua tetap dilayani.

Jenderal bintang satu ini menjelaskan, vaksinasi sangat penting untuk membentuk kekebalan komunal masyarakat. Sementara, kekebalan komunal sangat dibutuhkan untuk memungkinkan masyarakat tetap bisa beraktivitas sosial, keagamaan, pendidikan, hingga ekonomi.

"Libur Lebaran nanti merupakan bagian dari aktivitas sosial budaya, keagamaan, dan sekaligus ekonomi yang harus kita pastikan bisa berjalan lancar dan aman, tanpa
disertai penularan Covid-19 yang lebih tinggi. Maka dari itu, vaksinasi hingga dosis booster sangat penting dilakukan," papar Danni Koswara.

Di samping itu, Kabinda Kaltim ini juga tetap mengingatkan masyarakat akan pentingnya pembiasaan prosedur kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dalam semua aktivitas. Hanya dengan vaksinasi dan prokes pandemi Covid-19 dapat berakhir, atau setidaknya bertransformasi menjadi endemi.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar mengikuti rangkaian vaksinasi baik dosis satu hingga booster dan tetap mematuhi prokes yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan, sehingga kita bisa akhiri pandemi ini," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Antusiasme Warga Klaten Ikut Vaksinasi Sangat Tinggi

BERITA TERKAIT