16 April 2022, 18:05 WIB

Wagub Sumbar Sebut Dana Desa Era Jokowi Bawa Kemajuan Nagari


Mediaindonesia.com | Nusantara

MI/ HO
 MI/ HO
Seminar Indonesia Maju dengan tema Transformasi Nagari Sebagai Garda Terdepan Kemajuan Indonesia

PROGRAM dana desa Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbukti mampu mendorong peningkatan kualitas pemberdayaan masyarakat di pedesaan. Kehadiran program tersebut menjadi bukti komitmen Jokowi dalam upaya memajukan desa-desa di Tanah Air.

Hal itu sampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy seusai mengisi Seminar Indonesia Maju dengan tema Transformasi Nagari Sebagai Garda Terdepan Kemajuan Indonesia: Menelaah Komitmen Pemerintahan Jokowi dalam Membangun Kemajuan Nagari di Universitas Andalas (Unand).

Audy mengatakan desa yang lebih akrab disebut Nagari itu sudah sangat terbantu dengan kehadiran dana desa gagasan Jokowi. Apalagi hanya di era Jokowi anggaran dana desa terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. 

Kondisi demikian menurut Audy merupakan sebuah iklim yang sangat positif bagi perkembangan Nagari ke depan. Ia menyebut dampak positif program Jokowi berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Nagari khususnya di Sumbar.

"Kalau untuk Sumatera Barat karena kita termasuk Nagari, kita lihat beberapa Nagari sudah bisa memberdayakannya dengan baik," ujar Audy di Unand, Padang, Sumbar, Sabtu, (16/4).

Audy menuturkan bukti nyata Program Dana Desa gagasan Jokowi mampu mendorong kemajuan Nagari tercermin pada Desa Wisata Apar di Kota Pariaman. Sebuah desa wisata yang mampu memadukan kekayaan alam, budaya, serta kearifan lokal Sumbar menjadi satu. 

Berkat anggaran dari dana desa Jokowi, lanjut Audy, didukung dengan kreativitas pemerintah daerah setempat ekonomi masyarakat Desa Apar bisa terangkat naik. Kondisi nyata yang tentunya sangat bisa ditiru oleh seluru desa di Indonesia. 

"Contoh ada di Kota Pariaman Desa Wisata Apar, bisa mengarahkan dana ke sana akhirnya bisa menggenerate income yang lebih besar lagi," tutur Audy.

Perlu diketahui sejak 2015 sampai dengan tahun 2022, Pemerintahan Presiden Jokowi telah menyalurkan dana desa sebesar Rp 468 triliun yang dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur di desa. 

Presiden pun meminta agar pemerintah desa dapat mengelola, memanfaatkan, serta merealisasikan dana desa sebaik mungkin. Sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi desa yang turut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. (OL-8)

BERITA TERKAIT