15 April 2022, 14:15 WIB

Prosesi Jalan Salib Kelilingi Mural 14 Peristiwa Kematian Yesus


Heri Susetyo | Nusantara

MI/Heri Susetyo.
 MI/Heri Susetyo.
Prosesi jalan salib perayaan Jumat Agung itu dilakukan di Gereja Katolik Santa Maria Anuntiata Kabupaten Sidoarjo.

UMAT Katolik di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memperingati Jumat Agung dengan prosesi jalan salib untuk mengingat penderitaan Yesus Kristus di kayu salib, Jumat (15/4). Prosesi jalan salib perayaan Jumat Agung itu berlangsung di Gereja Katolik Santa Maria Anuntiata. 

Namun prosesi jalan salib dilakukan berbeda yaitu mengelilingi mural 14 peristiwa menuju kematian Yesus Kristus. Para jemaat terlihat khidmat mengikuti prosesi jalan salib. 

Prosesi jalan salib ini baru kembali diadakan setelah dua tahun kosong akibat pandemik covid-19. Karenanya, tidak sedikit di antara jemaat tersebut tidak kuat menahan air mata. 

Mereka ingat kasih dan penderitaan Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia. "Prosesi jalan salib mural ini merupakan kreativitas para remaja gereja," kata pengurus gereja Agustinus Budi Susilo.

Baca juga: Ratusan Umat Katolik di Flotim Gelar Ibadah Jalan Salib di Alam Terbuka

Selain prosesi jalan salib, gereja itu juga mengadakan ibadah Jumat Agung pada Jumat sore. Dalam ibadah tetap menerapkan protokol kesehatan kerat. Jemaat yang ingin beribadah bersama harus menunjukkan keterangan telah menjalani tiga kali vaksinasi. (OL-14) 

BERITA TERKAIT