14 April 2022, 19:50 WIB

Rumah BUMN Semen Gresik Luncurkan Program Bingkisan Lebaran Produk UMKM


Haryanto | Nusantara

MI/HARYANTO
 MI/HARYANTO
Semen Gresik, Pemkab Rembang dan para pelaku UMKM meluncurkan program Bingkisan Berkah 


Rumah BUMN (RB) Rembang, Jawa Tengah, yang yang difasilitasi oleh PT Semen Gresik (PTSG) dan PT Semen Indonesia Tbk (SIG), mendukung gerakan belanja produk UKM dalam bentuk paket Lebaran Hari Raya
Idul Fitri 1443 H.

Bentuk dukungan itu diwujudkan dengan meluncurkan program Bingkisan Berkah UKM Rembang hasil sinergi Rumah BUMN dengan Pemkab Rembang dan dinas terkait pada Kamis (14/4).

Acara yang juga dihadiri secara langsung Bupati Rembang Abdul Hafidz, dan secara virtual oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati ini, dilaksanakan secara hybrid. Peluncuran juga diikuti ratusan peserta instansi swasta dan daerah, UKM, OPD
Rembang dan jajaran, serta masyarakat umum.

Pada program tahun ini, RB Rembang menargetkan total transaksi penjualan dapat menembus Rp500 juta, melebihi pencapaian
transaksi tahun 2021 lalu senilai Rp428 Juta dengan total lebih dari 2.000 paket hampers terjual. Hal ini menjadikan Kabupaten Rembang sebagai salah satu kabupaten dengan total pesanan hampers UKM terbesar di Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Semen Gresik, Subhan menyebutkan bahwa program Bingkisan Berkah UKM Rembang atau parsel lebaran ini adalah kontribusi nyata PTSG melalui RB Rembang dalam menyerap produk UKM agar mampu bertahan, berkembang, serta tumbuh di tengah tantangan pandemi covid-19.

"Sejak didirikan Agustus 2020, Rumah BUMN kita telah memberikan progres
sangat menggembirakan. Meskipun hingga Maret 2022, RB Rembang berhasil
mencapai nilai transaksi Rp1,4 miliar, namun ke depan harus ditingkatkan sebagai mesin perekonomian UKM. Saya berharap, target omset penjualan parsel Lebaran dari Rumah BUMN kali ini bisa mencapai setengah miliar dan menjadi tertinggi di antara kabupaten/kota di Jateng," kata Subhan.

Dia berharap, Rumah BUMN bisa menjadi rumah besar bersama bagi
ratusan UKM binaan di wilayah operasional perusahaan. Karena itu, pihaknya terus berkomitmen menguatkan sinergitas dengan Pemkab Rembang dan tak lelah dalam melakukan inovasi dalam mendampingi, memfasilitasi danmengembangkan UKM.

Di bagian lain, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapreasi inisiasi dan
kontribusi Semen Gresik dalam mendukung upaya eksistensi dan pertumbuhan UKM di Rembang dengan melakukan penjualan parsel Lebaran hasil produk UKM melalui Rumah BUMN Rembang.

Hal ini, kata dia, merupakan upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan kecintaan pada produk dalam negeri.

Abdul Hafidz melihat produk-produk UKM Rembang sudah gemilang dan mampu
bersaing yang dibuktikan dengan dipasarkannya produk tersebut di belasan toko rite modern ternama.

Fera Damayanti salah satu pelaku UKM binaan RB Rembang bernama Kopi
Cangkir, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah sinergitas ini.

Menurutnya, pengadaan Bingkisan Berkah UKM dapat membantu para pelaku UKM dalam memasarkan produknya secara gratis. Ia berharap program tersebut dapat berlangsung setiap tahunnya.

"Terima kasih untuk Semen Gresik atas program-program binaan UKM yang selama ini dilakukan. Kami sangat bersyukur dengan adanya program Bingkisan Berkah UKM karena membantu usaha promosi kami. Tentu hal ini juga dirasakan oleh para pelaku UKM lainnya," tambahnya.

Pada peluncuran tersebut, paket Lebaran ditawarkan dengan pilihan kemasan dan produk yang sangat beragam dan menarik. Dimulai dari produk makanan, minuma, kriya/craft, fashion, hingga batik khas Rembang.

Harganya pun sangat variatif, yaitu Paket Khuldi senilai Rp100 ribu, Paket Al-Maqamul Rp200 ribu, Paket Darussalam Rp260 ribu, Paket Darul Muqamah Rp300 ribu, Paket Mawa Rp500 ribu dan tertinggi Paket Firdaus Rp1 juta. (N-2)

BERITA TERKAIT