13 April 2022, 21:22 WIB

Jelang Paskah, Lonjakan Penumpang Terjadi di Penyeberangan Laut di Sikka


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Aktivitas penumpang di Pelabuhan Lorens Say, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

JELANG perayaan Paskah, aktvitas penyeberangan laut antarpulau di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur mengalami peningkatan, Masyarakat berbondong pulang ke kampung halaman jelang perayaan Paskah 2022 dengan menggunakan kapal motor.

Hal itu terlihat di Pelabuhan Lorens Say, Maumere, Rabu (13/4). Terlihat sejumlah warga yang datang dengan memikul tas dan membawa sejumlah barang-barang menuju bersandarnya kapal penumpang. Rata-rata sebagian dari mereka merupakan para pelajar yang ingin ke kampung halamannya di pulau Palue untuk merayakan hari Paskah bersama orang tuanya.

Salah satu pelajar, Irwan mengaku selama ini dirinya mengenyam pendidikan SMA salah satu sekolah di Maumere. Sehingga, kata dia, dirinya ingin kembali ke kampung halamannya di Pulau Palue. Hal ini dikarenakan sekolahnya telah libur jelang hari raya Paskah.

"Kan sudah libur sekolah. Jadi saya pulang ke kampung halaman di Palue. Mau rayakan Paskah disana," ujar dia.

Seorang satu ABK kapal penumpang jurusan Maumere-Palue mengatakan bahwa sudah beberapa hari kapalnya penuh dengan penumpang yang ingin menuju ke Pulau Palue. Ia pun mengaku lebih banyak penumpang ini dari kalangan para pelajar.

"Penumpang ini paling banyak anak-anak sekolah. Yang ingin balik ke kampung halaman mereka di Pulau Palue. Jadi penumpang ramai sekali, tetapi lebih banyak anak sekolah," papar dia.

Dikatakan, ada tiga kapal jurusan Maumere-Pulau Palue yang dalam beberapa hari terakhir penuh dengan penumpang yang ingin ke Pulau Palue. "Ramai saja kalau mau hari raya. Kalau sudah tidak lagi hari raya , penumpangnya sepi," ungkapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT