13 April 2022, 07:30 WIB

Gubernur Jatim Harap Kampus UMKM Shopee Malang Perluas Jejaring


Mediaindonesia.com | Nusantara

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja.

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur meresmikan Kampus UMKM Shopee Malang yang berlokasi di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM setempat. Kampus UMKM Shopee ke-8 di Indonesia ini dihadirkan dengan harapan fasilitas tersebut dapat melatih dan mendukung lebih banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur.

Melalui peningkatan keterampilan digital, para UMKM bisa semakin memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia yang mendukung perkembangan ekonomi dan memperbesar peluang terciptanya lapangan pekerjaan di Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi komitmen Shopee dalam memberikan harapan baru untuk UMKM di Jawa Timur. Terlebih, saat ini tantangan utama dalam mengembangkan UMKM yaitu masalah permodalan dan pemasaran.

"Dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee, para UMKM Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas, menjadi lebih besar, dan meluaskan jejaring. Saya optimistis akan ada lompatan kinerja bagi pelaku UMKM ketika sudah memiliki kepercayaan diri dan pemahaman untuk go online dan meningkatkan pemasaran. Apabila mereka mendapat penguatan melalui jejaring Kampus UMKM Shopee, rasanya dunia mereka akan terbuka," ujar Khofifah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/4).

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja menyebutkan kehadiran kampus itu di Jawa Timur merupakan bentuk nyata komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM khususnya bagi masyarakat umum dan para pelaku UMKM di Jawa Timur. Nanti para pelaku UMKM itu bisa mendapatkan ilmu dan mempelajari dengan tepat cara-cara memanfaatkan digitalisasi untuk membuat UMKM milikinya bisa masuk ke dunia digital.

"Sejak Mei 2021, kami menghadirkan Kampus UMKM Shopee di berbagai kota untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal agar lebih berdaya saing. Potensi besar dari pelaku UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jawa Timur. Hari ini kami menghadirkan Kampus UMKM Shopee Malang sebagai solusi atas tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM. Diharapkan, Kampus UMKM Shopee Malang menjadi one-stop services untuk solusi jutaan UMKM lokal dan dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Handhika.

Terletak di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Kampus UMKM Shopee Malang hadir dengan program pelatihan, fasilitas, dan layanan yang tersedia secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya bagi pelaku UMKM. Berbagai program yang dihadirkan di antaranya Program Pelatihan Intensif yang bisa diikuti untuk mengetahui cara bergabung ke e-commerce Shopee, mengatur pengiriman dan pengelolaan produk, mengembangkan usaha, mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta mempelajari fitur penunjang bisnis lain yang tersedia di aplikasi Shopee.

Baca juga: Tertimbun Longsor, Dua Warga Aceh Meninggal Dunia

Ada pula program Pendampingan Pertumbuhan Bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan meminta pelatihan kepada pengajar di Kampus Shopee untuk memahami administrasi dan operasional toko seperti membuat pembukuan sehingga performa bisnis dapat meningkat. Dari segi fasilitas, untuk pelaku UMKM yang membutuhkan fasilitas memasarkan produk yang menunjang dapat memanfaatkan beberapa fasilitas seperti studio foto yang disediakan dengan peralatan pencahayaan serta fotografernya agar pelaku UMKM memiliki foto produk yang menarik atau ada juga ruang live streaming yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk menjajakan barang dagangannya menggunakan fitur Shopee Live. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT