11 April 2022, 16:28 WIB

Cuaca Buruk Berpotensi Terjadi Di Sejumlah Wilayah Jateng


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

SEJUMLAH kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) masih terancam cuaca buruk  hingga tiga hari mendatang. Di wilayah Jateng selatan, daerah yang masih potensial mengalami hujuan lebat di antaranya adalah Banjarnegara, Cilacap, Banyumas dan Purbalingga.

"Dari prakiraan yang dikeluarkan BMKG Semarang, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi hingga tiga hari mendatang. Hal itu dipicu adanya dinamika atmosfer menunjukkan suhu muka laut yang hangat. Labilitas lokal kuat mendukung proses konvektif dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan di wilayah Jateng," kata pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG  Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan, Senin (11/4).

Menurutnya, pada 11 April potensi hujan lebat terjadi di Temanggung, Wonosobo, Kab.Semarang, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Boyolali. Kemudian di Magelang, Purworejo, Cilacap, Sragen, Karanganyar, Blora, Purwodadi, Klaten,Wonogiri dan sekitarnya.

"Kemudian pada 12 April potensial terjadi di Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Temanggung, Klaten, Boyolali, Semarang, Klaten, Sragen, Karanganyar dan Purwodadi. Sementara pada 13 April adalah Temanggung, Magelang, Wonosobo, Banjarnegara, Magelang, Salatiga, Purwodadi, Sragen dan  Boyolali," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan. "Sebab, curah hujan berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana  hidrometeorologi,":tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT