08 April 2022, 17:28 WIB

Bangkai Paus Sperma Terdampar di Sabu Raijua


Palce Amalo | Nusantara

DOK/BKKPN Kupang
 DOK/BKKPN Kupang
Bangkai paus sperma yang terdampar di Pantai Desa Wadu Maddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

BANGKAI seekor paus sperma (Physeter macrocephalus) dengan panjang 12,65 meter, ditemukan di Pantai Desa Wadu Maddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, Jumat (8/4).

Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Imam  Fauzi mengatakan bangkai paus itu memiliki bobot sekitar 3 ton, diduga sudah terdampar satu minggu sebelum ditemukan. Menurutnya, Tim dari BKKPN Kupang sudah tiba di Sabu Raijua untuk melakukan penanganan bangaki mamalia tersebut. "Rencananya akan  dikuburkan di sempadan pantai dekat lokasi paus terdampar," katanya.

Selain itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Sabu Rajua dan pengiriman eskavator dari Dinas Pekerjaaan Umum setempat sedang bergerak dari  Pelabuhan Seba di Kecamatan Sabu Barat untuk membantu proses penguburan.

"Kondisi saat ini, paus diikat karena air bergerak naik atau pasang agar posisi ikan tidak pindah. Tim menunggu kedatangan eskavator di lokasi sambil memberikan sosialisasi bahaya dan larangan pengambilan biota laut terdampar," tambahnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT