07 April 2022, 21:03 WIB

Usai Antar Pasien, Sopir Ambulans Masuk Jurang Sedalam 50 Meter


Kristiadi | Nusantara

DOK Humas Polres Garut.
 DOK Humas Polres Garut.
Ambulans milik Puskesmas Bungbunglang nomor polisi Z9967 D yang mengalami kecelakaan.

AMBULANS milik Puskesmas Bungbunglang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilaporkan mengalami kecelakaan di tanjakan Eras, Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, pada Rabu (6/4). Kendaraan bernomor polisi Z 9967 D diduga tidak kuat menanjak hingga masuk jurang sedalam 50 meter. Dalam kejadian itu seorang pengemudi mengalami luka ringan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut Ajun Komisaris Undang Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya membenarkan kecelakaan tunggal yang terjadi di tanjakan Eras. Ambulans itu dikemudikan oleh Asep, 62, seusai mengantar pasien dari Rumah Sakit Cibalong pada Rabu sekitar pukul 19.05 WIB. Namun, ketika melintasi tanjakan Eras, sopir diduga tak bisa mengendalikan mobilnya hingga mundur.

"Ambulans masuk jurang sedalam 50 meter dan baru ditemukannya keesokan hari pada Kamis oleh tukang sadap pohon karet sekitar pukul 07.15. Posisi sopir berada di luar kendaraan. Karena tidak bisa berjalan, sopir hanya bisa terdiam di dekat kendaraan yang terbalik," katanya, Kamis (7/4/2022).

Ia mengatakan, setelah ditemukan, korban langsung dibawa warga ke fasilitas kesehatan di Kecamatan Mekarmukti dan bersangkutan juga telah mendapatkan penanganan medis di Puskesmas. Namun, petugas juga langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan berkoordinasi dengan TNI serta warga setempat. "Kami mendapat laporan dari warga setempat tentang kecelakaan ambulans masuk jurang," ujarnya.

Baca juga: Korban Investasi Bodong di Kalteng Capai 334 Orang, Total Kerugian Rp36 Miliar

Kepala Bidang SDM Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan ambulans yang mengalami kecelakaan itu diketahui milik Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang. "Mobil ambulans itu mengalami kerusakan yang cukup parah tetapi sopir hanya mengalami luka ringan," paparnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT