07 April 2022, 20:45 WIB

BI Sulsel Sudah Buka Kas Keliling Penukaran Uang


Lina Herlina | Nusantara

ANTARA FOTO/ASEP FATHUALRAHMAN
 ANTARA FOTO/ASEP FATHUALRAHMAN
Ilustrasi: Warga menukar uang di loket layanan Bank Indonesia 

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulawesi Selatan membuka kembali layanan kas keliling bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang rupiah baru dengan pecahan kecil jelang lebaran Idulfitri 2022.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan Rudy Bambang Wijanarko, per orang hanya bisa menukarkan uang maksimal Rp3,8 juta dengan rincian masing-masing 1 pak uang pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000.

"Layanan penukaran uang Rupiah dilaksanakan oleh BI bersinergi dengan perbankan melalui loket penukaran di kantor-kantor cabang perbankan yang berada di wilayah Sulsel. Nominalnya maksimal Rp3,8 juta atau mengikuti kebijakan yang ada di masing-masing kantor cabang perbankan," jelas Rudy, Kamis (7/4)

Di Sulsel, layanan penukaran uang Rupiah tersebar di 38 bank dengan 81 kantor cabang. Kegitan ini sudah terlaksana sejak 4 April hingga 29 April, berlangsung setiap hari dan jam kerja.

"Selain itu, tersedia juga layanan di 18 titik penukaran kas keliling di luar kantor. Informasi mengenai jadwal kas keliling bisa diakses di laman https://pintar.bi.go.id/," sebut Rudy.

Baca juga: BI Lampung Layanani Penukaran Rupiah di 169 Titik Senilai Rp4 Triliun

Selama Ramadan 2022, Kantor Perwakilan BI Sulsel menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,43 triliun. Nilai ini naik 3,62% dibandingkan 2021 sebesar Rp4,28 triliun.

"Besarnya penyediaan uang tunai tersebut sudah memperhitungkan banyak faktor, termasuk prakiraan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat seiring tren perbaikan ekonomi dan pelonggaran pembatasan perjalanan," tutur Rudy.

Dia juga memastikan jika uang yang disediakan BI adalah uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis. Layanan penukaran uang Rupiah ini juga tanpa dipungut biaya.

Pihak Bank Indonesia pun mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang rupiah hanya di lokasi yang resmi, baik di kantor cabang perbankan maupun di lokasi kas keliling.(OL-5)

BERITA TERKAIT