06 April 2022, 23:22 WIB

Walau Stok Tersedia, Harga Minyak Goreng Curah di Kebumen Tetap Mahal


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Minyak goreng curah

STOK minyak goreng curah di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) dipastikan tersedia. Namun demikian, untuk harganya masih tetap jauh lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kepala Desa Karanggede, Kecamatan Mirit, Gunawan Didi, mengatakan  masyarakat di wilayahnya mengeluhkan harga minyak goreng curah yang  tinggi. Bahkan mencapai Rp22 ribu per kilogram (kg) untuk minyak goreng curah dan Rp25 ribu per liter untuk minyak goreng kemasan.

"Banyak warga kami di sini yang jualan gorengan. Termasuk para pengrajin kerupuk. Jadi mereka mengeluhkan mahalnya minyak goreng. Bahkan ada yang tidak bisa beroperasi karena biaya tak terjangkau," kata Gunawan saat bertemu Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Selasa (5/4).

Menanggapi keluhan warga, Bupati mengatakan stok minyak goreng di Kebumen masih cukup, meski harganya memang jauh lebih mahal dari harga sebelumnya. "Di Kebumen tidak sampai ada antrean pembelian minyak goreng yang berkepanjangan. Stok bahan pokok kita masih cukup, meski ada beberapa yang harganya naik, jelang Ramadhan karena kebutuhan masyarakat juga mengalami kenaikan," katanya.

Bupati meminta Disperindag untuk memberikan minyak goreng murah kepada masyarakat yang sudah disubsisidi oleh pemerintah daerah dengan harga Rp14 ribu per liter. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT