05 April 2022, 13:57 WIB

Persiapan Mudik, Pemkab Temanggung Sediakan 40 Ribu Dosis Vaksin Booster


Tosiani | Nusantara

ANTARA FOTO/Teguh P
 ANTARA FOTO/Teguh P
Ilustrasi vaksinasi booster

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, berupaya mempercepat pemberian vaksinasi booster atau penguat untuk persiapan musim mudik lebaran tahun ini. Sedikitnya 40 ribu dosis vaksin booster telah disiapkan untuk upaya percepatan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan guna mengejar target capaian vaksinasi dosis III pihaknya bekerja sama dengan TNI, Polri, BIN, dan kecamatan.

Dinkes, katanya, juga siap melakukan "jemput bola" atau mendatangi rumah bagi kelompok lanjut usia (lansia) untuk percepatan vaksinasi penguat.

"Kita gandeng TNI, BIN dan Polri, persediaan vaksin di Dinkes Temanggung saat ini masih mencukupi, sekitar 40.000 dosis," kata Dwi, Selasa (5/4).

Baca juga: Mulai Hari Ini, Penumpang KAI Ditolak Bila Tak Penuhi Syarat Mudik

Hingga saat ini, capaian vaksinasi penguat di Temanggung masih rendah yakni 7,85% atau 49.037 orang dari target 624.346 orang. Hal itu karena pihaknya lebih fokus untuk vaksinasi dosis I dan dosis II, dan juga vaksinasi untuk anak-anak.

"Target kami melaksanakan vaksinasi dosis 1 untuk anak-anak dulu. Sedangkan instruksi Menkes baru muncul akhir-akhir ini bahwa kalau mau mudik harus divaksin ketiga," tuturnya.(OL-5)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT