05 April 2022, 11:35 WIB

Babel Alami Perlambatan Capaian Vaksinasi Target bakal Meleset


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

dok.Ant
 dok.Ant
Petugas kesehatan sedang mempersiapkan dosis vaksinasi covid untuk disuntikkan

KEPALA Kepolisian daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Inspektur Jendral (Irjen) Yan Sultra mengatakan, sebulan terakhir capaian  vaksinasi di Babel mengalami perlambatan.

Pelaksanaan vaksinasi di Babel sudah berjalan kurang lebih 2 tahun dengan capaian dosis pertama 950.649 orang atau sekitar 83 persen. Untuk dosis kedua 801.148 orang atau sekitar 70 persen.

"Total sasaran vaksin kita 1.137.824 orang, capaian vaksinasi kita baik dosis pertama kedua dan ketiga mengalami perlambatan sehingga  dibawah rata-rata nasional," kata Kapolda dalam Rakor Forkominda Percepatan Vaksin Covid-19 selama Ramadan, di Gedung Tribharata, Polda Babel, Selasa (5/4).

Hal ini, jelas Kapolda, menyebabkan capaian secara nasional Babel berada di peringkat ke 10 untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua di peringkat ke-8.

"Dalam seminggu capaian vaksinasi kita hanya 0,1 persen, capaian ini jelas mengalami perlambatan, sehingga target kita sebelum puasa 100 persen sulit tercapai," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh pihak untuk duduk bersama melakukan pembahasan dan penguatan bagaimana percepatan pelaksanaan vaksinasi selama Ramadan hingga lebaran nanti.

"Untuk dosis tiga kita juga saat ini melambat, baru 9 persen, sedangkan bulan Juni itu seluruh wilayah di luar pulau jawa ditargetkan harus 30 persen booster," terangnya.(OL-13)

Baca Juga: 300 Pelanggar Tertangkap ETLE, Mayoritas Terobos Lampu Merah

 

BERITA TERKAIT