04 April 2022, 06:30 WIB

Binda Kaltim Gencarkan Vaksinasi Di Empat Wilayah selama Ramadan


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.humas Binda Kaltim
 dok.humas Binda Kaltim
Binda Kaltim menggandeng semua stakeholder untuk menggiatkan vaksinasi covid-19 selama Ramadan 1443 H/2022 M.

BADAN Intelijen Negara  Daerah (Binda) Kalimantan Timur akan tetap menggelar kegiatan vaksinasi pada bulan Ramadan. Upaya ini sebagai mitigasi penyebaran Covid-19 di tengah peningkatan mobilitas dan interaksi sosial masyarakat.

Kepala BIN Daerah Kalimantan Timur (Kabinda Kaltim)  Brigjen TNI Danny Koswara mengatakan, sejak awal pihaknya sudah menyusun skenario percepatan vaksinasi untuk mengiringi pelonggaran yang kini diberikan Pemerintah demi menjaga trend penurunan kasus positif atau positivity rate Covid-19 di Tanah Air.

"Pelonggaran sosial berarti peningkatan mobilitas dan interaksi sosial. Ini juga berarti peningkatan risiko penularan Covid-19. Kita ingin semua tetap aman, tidak ada lonjakan kasus positif, karena itu kita percepat vaksinasi untuk masyarakat, di semua kelompok usia serta di semua dosis; kesatu, kedua, maupun ketiga atau booster," ujar Kabinda Kaltim dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/4.

Sebelumnya, sehari jelang Ramadan, Binda Kaltim juga masih menggelar vaksinasi  di satu kota dan tiga kabupaten, meliputi kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, kabupaten Kutai Timur hingga kabupaten Penajam Paser Utara.

"Vaksinasi kita laksanakan secara serentak di beberapa wilayah di Kalimantan Timur dengan menyediakan semua dosis vaksin. Semoga usaha kita terus menerus menciptakan kekebalan komunal di Kaltim bisa terwujud," harap Danny.

Jenderal bintang satu ini menerangkan, jajarannya akan terus menggelar vaksinasi termasuk di bulan Ramadan untuk  mencapai target yang telah ditetapkan.

“Bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, vaksinasi bukan halangan karena MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa," lanjut Danny.

Maka dari itu, Danny mengajak masyarakat untuk mendatangi setra vaksinasi yang telah disediakan BIN dengan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Saya menghimbau  masyarakat untuk melengkapi vaksinasi dosis satu hingga booster dan tetap menjalankan kebiasaan menjaga prosedur kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian wilayah Kaltim juga akan aman dari penyebaran Covid-19," imbau Kabinda Danny Koswara. (OL-13)

Baca Juga: NasDem Jateng Ajak Warga Perkuat Keimanan dan Kedermawanan di Bulan Ramadan 

BERITA TERKAIT