01 April 2022, 16:15 WIB

Jaga Kamtibmas Ramadan, Polda Riau Musnahkan 19 Ribu Botol Miras


Mediaindonesia | Nusantara

Humas Polda Riau
 Humas Polda Riau
Pemusnahan 19.562 botol minuman beralkohol

JAJARAN Polda Riau memusnahkan barang bukti berbagai pelanggaran yang didapatkan dari lima hari pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), yang dimulai pada 26-31 Maret 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan dan menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif khususnya menyambut bulan suci Ramadan 1443 H. Sasaran kegiatan ini, yaitu perjudian, premanisme, miras, narkoba, senjata tajam dan lainnya.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan kepolisian memiliki peran strategis dengan dibantu TNI dan semua stake holder untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Kita ingin menunjukkan bahwa tak ada ruang untuk pelaku kejahatan. Kita akan meminimalisir pelaku kejahatan yang embrionya dipicu oleh miras, narkoba, senjata tajam dan mengganggu ketertiban umum seperti kebut-kebutan," kata Iqbal, Jumat (1/4).

Adapun kasus yang diamankan Polda Riau dan jajaran, yaitu 26 kasus perjudian jenis togel dan kartu QQ dengan jumlah tersangka 39 orang. Disita pula uang tunai sebesar Rp18.358.000.

Selain itu,  ribuan minuman beralkohol berbagai jenis dan merek pun berhasil diamankan dengan jumlah total 19.562 botol, kemudian dimusnahkan dengan dilindas alat berat.

Polda Riau juga mengamankan 149 orang atas tindakan premanisme, ribuan petasan, 890 knalpot bising yang dimusnahkan dengan mesin gerinda.

"Kami juga mengamankan 39,41 kilogram sabu dengan jumlah tersangka 52 orang. Namun yang dimusnahkan kini 9,26 kilogram karena selebihnya masih belum ada penetapan dari pengadilan. Ada pula ekstasi dengan jumlah barang bukti 899 butir."

Iqbal mengatakan nantinya akan berlangsung kegiatan Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning di seluruh polres di Provinsi Riau. "Kami akan hadir di seluruh masjid untuk meminimalisasi kejahatan pada saat sebelum atau sesudah tarawih, asmara subuh dan lain-lain," pungkasnya. (Ant/J-2)

BERITA TERKAIT