31 March 2022, 17:34 WIB

Pemprov Sumsel Tetap Terapkan PTM Terbatas


Dwi Apriani | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

MESKI kasus penambahan Covid-19 di Sumatra Selatan mulai melandai namun Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan tetap menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun ajaran baru 2022-2023 di Juli mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Markoginta, mengatakan pihaknya akan tetap menerapkan PTM terbatas untuk tahun ajaran baru nanti. "Sistem pemberlakuan PTM terbatas tetap dilakukan karena belum adanya keputusan PTM penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," katanya, Kamis (31/3).

Meski begitu, pihaknya akan melakukan evaluasi agar tidak terjadi kesalahan saat mengambil keputusan. Ia menjelaskan, PTM Terbatas masih relevan untuk diterapkan sebagai upaya mitigasi penyebaran Covid-19 klaster sekolah.

Sejauh ini, PTM terbatas telah berjalan baik dan telah mengikuti prosedur yang ada. Ia mengatakan berdasarkan surat edaran gubernur, PTM terbatas memadukan antara proses pembelajaran secara daring dan luring dengan pembagian masing-masing 50 persen dari jumlah total siswa di satu sekolah.

Hingga kini, pihaknya masih menunggu arahan resmi dari pemerintah pusat untuk kebijakan nantinya seperti apa, kemungkinan masih bisa berubah karena terus dievaluasi. "Jika nanti ada siswa sekolah yang ditemukan kasus covid-19 di sekolah, maka yang bersangkutan harus melakukan isolasi mandiri. Untuk pembelajaran nantinya harus sepenuhnya dilakukan secara daring," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT