30 March 2022, 18:12 WIB

Pesantren API di Magelang Bisa Jadi Contoh Penerapan Prokes


Andhika Prasetyo | Nusantara

Dok. Biro Pers Setpres
 Dok. Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi meninjau kegiatan di Pondok Pesantren API Asri Syubbanul Wathon di Magelang.

PRESIDEN Joko Widodo meninjau aktivitas pembelajaran di Pondok Pesantren Asrama Peguruan Islam (API) Asri Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jokowi, sapaan akrabnya, menilai kegiatan tersebut berlangsung dengan baik. Terutama, karena seluruh santri telah divaksinasi covid-19 dengan dosis lengkap.

"Saya melihat kegiatan yang ada di pondok pesantren, di SMK, juga di SMP Syubbanul Wathon di Magelang. Saya melihat kegiatan berjalan sangat baik, karena seluruh santri, seluruh murid, sudah divaksin dua kali, sudah 100%," ujar Jokowi, Rabu (30/3).

Baca juga: Gus Muhaimin: Peran Pesantren Penting dalam Cegah Kekerasan Seksual

Tidak hanya santri, para guru juga sudah divaksin covid-19 lengkap. Bahkan, sebagian guru sudah menerima vaksin dosis booster.

"Saya kira ini sangat bagus kalau seluruh sekolah, seluruh pondok pesantren, seperti ini," tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Kepala Negara juga melihat seluruh warga di pondok pesantren menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Para guru dan santri selalu memakai masker saat kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Masjid Istiqlal Siap Menyambut Ramadan

Dia pun berharap Pondok Pesantren API bisa menjadi contoh bagi sekolah atau pesantren lain di Tanah Air. "Kita harapkan ini bisa menjadi sebuah contoh. Begitu saya lihat tadi semuanya murid, santri pakai masker, saya kira ini sangat bagus sekali," pungkasnya.

Pengasuh Pondok Pesantren API Yusuf Chudlori mengungkapkan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadan. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(OL-11)

BERITA TERKAIT