29 March 2022, 20:20 WIB

Touring Bela Negara Series Kunjungi Museum Pegadaian di Kota Sukabumi


Media Indonesia | Nusantara

DOK/PT PEGADAIAN
 DOK/PT PEGADAIAN
Touring Bela Negara Series (TBN Series)  Road to Museum Pegadaian Kota Sukabumi berjalan sukses dan meriah


RANGKAIAN kegiatan Touring Bela Negara Series (TBN Series) dengan tema Road to Museum Pegadaian Kota Sukabumi, 26-27 Maret 2022, berjalan meriah dan diikuti peserta dengan antusias.

Perhelatan ini  didahului dengan acara Community Gathering yang diselenggarakan di Lantai 5, Gedung Galery Pegadaian Salemba, Jl. Salemba Raya No 2, Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (26/3).

Hadir pada acara itu Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian  Harianto Widodo dan Ketua Presidium Panitia Nasional Touring Bela Negara Series Donny Pur,  serta perwakilan 74 klub dari total 105 klub serta komunitas otomotif roda 4 se-Jabodetabek yang tergabung dalam TBN series.

"Kami sangat mendukung gerakan pembumian Pancasila dan Bela Negara yang dijalankan komunitas otomotif roda 4, melalui gelaran acara yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional TBN series. Di acara ini, selain bisa menjalankan hobi touring, peserta juga bisa  menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air," kata Harianto yang selalu tampil ramah itu.

Produk inovatif

Ia menambahkan PT Pegadaian dalam beberapa tahun ini sudah bertransformasi ke arah digital, dengan produk-produk inovatif yang menjangkau kalangan milenial, dan juga kalangan di atasnya.

"Kami berharap sinergitas kegiatan positif ini akan mendorong tidak hanya semangat nasionalisme tetapi juga memberikan edukasi kepada khalayak ramai utamanya penggemar otomotif, bahwa sekarang lini bisnis usaha pegadaian sudah sangat banyak sekali dan serba digital," imbuhnya.

Touring Bela Negara Series ini digelar oleh panitia nasional gabungan dari perwakilan-perwakilan klub dan komunitas otomotif roda 4. Mereka berkomtimen menjalankan hobinya sekaligus memberikan warna dan sumbangsih kepada gerakan pembumian Pancasila dan bela negara melalui gelaran-gelaran acara sepanjang 2022.

Acara ini juga diramaikan dengan kehadiran dari beberapa perwakilan sponsor seperti Surya Bhuana B2B Business Manager Godrej Indonesia, dan
Handy Angkawijaya dari PT Intraco Kimia.


Banjir emas 24 karat


Sementara itu, dalam acara Community Gathering, suasananya sangat meriah dan seru. Banyak hadiah disediakan PT Pegadaian dan Panitia Nasional TBN Series. Di antaranya berupa logam mulia 24 karat dan puluhan jenis hadiah lainnya.

Gelaran acara puncak touring pada Minggu (27/3) pagi, dilepas secara simbolis oleh Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, yang diwakili oleh Harianto Widodo, Direktur Pemasaran dan Produk, serta Ferdian Timur Satyagraha, Direktur Keuangan PT Pegadaian.

Rombongan peserta Touring Bela Negara Series diterima di Kota Sukabumi oleh Wali Kota Sukabumi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi H Dida Sembada, Direktur Pesona Indonesia Jaya Toza Anindya, Deputi Operasional Kanwil 10 Bandung Tutik Indrawati, Deputi Bisnis PT Pegadaian area Bandung 1 Eko Supriyanto beserta jajaran dan staf PT Pegadaian Sukabumi.

Dalam sambutannya,  Ketua Panitia Nasional TBN Series Donny Pur mengatakan kedatangan rombongan Touring Bela Negara Series ke Kota Sukabumi, tepatnya di Museum Pegadaian ini adalah bagian dari misi organisasi yang ingin memperkenalkan bagian sejarah besar PT Pegadaian. Kantor perusahaan yang pertama berdiri di kota sukabumi pada 1901.
 
"Kami beserta rombongan peserta TBN Series, selain ingin mengajak mengenang sejarah, juga ingin mengenal Kota Sukabumi yang sangat indah. Kami berharap kedatangan kami ini  akan membawa banyak manfaat. Ke depannya perwakilan klub yang kami bawa juga akan memperkenalkan Museum Pegadaian dan Kota Sukabumi ini kepada komunitas masing-masing," kata pria yang juga merupakan CEO PT Global Inti Kapital ini.


Pemkot Sukabumi

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada berharap acara ini akan menjadi contoh bagi banyak komunitas lainnya.

"Mereka dapat berkunjung dan melihat dari dekat banyak objek wisata unggulan seperti Museum Pegadaian Sukabumi. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian dan Panitia Nasional Touring Bela Negara Series atas kunjungannya," tandasnya.

Di Sukabumi, peserta berkeliling tour ke dalam Museum Pegadaian Sukabumi. Bangunan ini sudah direnovasi dengan dilengkapi dengan teknolgi canggih dan pada Desember 2021 lalu diresmikan.

Penggunaan teknologi canggih dimaksudkan agar para pengunjung menjadi betah dan juga dapat menerima informasi secara lebih mudah dan terus diperbarui.

Direktur Keuangan PT Pegadaian Ferdian Timur Satyagraha menambahkan PT  Pegadaian sebagai tuan rumah dan mitra aktif dalam usaha ikut serta membumikan Pancasila dan Bela Negara, merasa sangat senang sekali dan mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini.

"Saya yakin kegiatan ini banyak memberikan manfaat dalam memupuk rasa nasionalisme. Salah satunya seperti yang kita lakukan bersama seperti sekarang ini, yakni  melihat langsung dari dekat bukti sejarah pegadaian di Indonesia," kata penyuka touring ini.


Semangat nasionalisme

Sementara Ketua Panitia Nasional TBN series Irwantoko SP yang akrab disapa Adoy terlihat sangat bersemangat mengawal acara ini.

"Gelaran Agenda Nasional TBN Series ini diadakan sepanjang 2022,  dengan bermacam kegiatan yang disinergikan dengan lembaga, instansi pemerintah maupun swasta lainnya. Isinya adalah menanamkan semangat nasionalisme," tegasnya.

Gelaran kali ini, lanjut Adoy, pihaknya berhasil membawa banyak sekali perwakilan klub dan komunitas otomotif untuk berperan aktif. "Ke depan, keikutsertaan mereka memiliki tujuan besar, yakni menjadi duta untuk menyampaikan informasi dan pengalaman yang didapat ke klub dan komunitas masing-masing. Jumlah anggota klub dan komunitas sangat besar, mencapai ribuan orang, tersebar di seluruh Indonesia."

Di sisi lain, Humas Nasional TBN Series Jeremy Timothy menambahkan acara ini digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. "Setiap peserta dengan sadar dan disiplin menerapkan jaga jarak dan menggunakan masker. Semua peserta juga sudah memiliki aplikasi Pedulilindungi dan minimal sudah dua kali divaksinasi," tandasnya. (N-2)

 

BERITA TERKAIT