24 March 2022, 11:02 WIB

Pj Gubernur Banten Harus Sosok yang Mampu Sukseskan Pilkada 2024


Wibowo Sangkala | Nusantara

MI/Wibowo Sangkala
 MI/Wibowo Sangkala
Masa bakti Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wagub Andika Hazrumy berakhir pada 12 Mei 2022.

PENGAMAT kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai figur yang cocok dijadikan Pejabat (Pj) Gubernur Banten ialah tokoh yang mampu mengantarkan kesuksesan Pilkada serentak 2024. Dengan demikian, Pj Gubernur seyogyanya paham persoalan di daerah yang akan melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Trubus menjelang masa bakti Wahidin Halim dan Andika Hazrumy sebagai gubernur dan wakil gubernur Banten berakhir pada 12 Mei 2022.

Selain itu, Trubus menilai, Pj Gubernur Banten harus orang kepercayaan Presiden. Sebab, orang kepercayaan Presiden akan mudah melanjutkan pembangunan di Banten.

"Karena Gubernur itu kan Wakil Pemerintah Pusat (WPP) di daerah, jadi harus orang yang dekat dengan Presiden," ujar Trubus kepada wartawan, Kamis (24/3).

Trubus menuturkan, Pj Gubernur Banten juga harus mampu menyelesaikan permasalahan seperti korupsi, maladministrasi, infrastruktur dan pariwisata.

Masih kata Trubus, apabila figur yang ditunjuk tidak memenuhi kriteria tadi maka harus melakukan pendekatan kepada masyarakat Banten, terutama ke para ulama.

"Punya kapasitas dekat ulama sukur, tapi kalau tidak juga tidak masalah. Karena jika sifatnya ditunjuk oleh Presiden gitu, nah itu kalau dia bukan orang Banten ya dia harus melakukan pendekatan," sambungnya.

Dihubungi terpisah, Anggota DPR RI Ali Zamroni yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan figur sebagai Pj Gubernur Banten. Ali yang berangkat dari daerah pemilihan Banten I itu yakin Presiden Jokowi menyiapkan figur yang mampu menyelesaikan permasalahan di Banten.

"Saya yakin presiden tahu kriteria yang dibutuhkan," ujar Ali.

Ali mengatakan, Presiden Jokowi kemungkinan akan memilih figur yang mengetahui arah pembangunan Pemprov Banten, terutama di bidang pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur.

"Harus bisa melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Banten," tuturnya.

Seperti diketahui, sebanyak 101 kepala daerah akan habis masa jabatannya, yaitu tujuh gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota pada 2022. Salah satu gubernur yang masa jabatannya habis adalah Wahidin Halim. Dia akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Banten pada Mei 2022 mendatang.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang telah disempurnakan menjadi UU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota bahwa pemilihan kepala daerah akan digelar secara serentak pada 2024. Kekosongan kepala daerah akan diisi pejabat gubernur yang ditunjuk Kemendagri. (OL-13)

Baca Juga: Empat Proyek Strategis di Kalsel Senilai Rp18,9 T Terancam Mangkrak

 

BERITA TERKAIT