23 March 2022, 14:41 WIB

Tanah Longsor Putus Kabel Telkom di Kalianget Wonosobo


Mediaindonesia.com | Nusantara

MI/Tosiani.
 MI/Tosiani.
Proses pembersihan material longsor di areal ladang bambu di Jalan Kyai Hasyim Asy'ari, Kelurahan Kalianget, Wobosobo, Jateng, Rabu (23/3).

BENCANA tanah longsor terus terjadi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, selama diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Pada Selasa (22/3) giliran areal ladang bambu di Jalan Kyai Hasyim Asy'ari, Kelurahan Kalianget, yang mengalami longsor dan berdampak terputusnya kabel Telkom.

"Akibat kejadian ini aksesibilitas untuk Kelurahan Kalianget dan Kelurahan Kejiwan terganggu. Kabel Telkom juga terputus," ujar Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono, Rabu (23/3).

Bambang menjelaskan, sebelum kejadian longsor, hujan dengan intensitas deras dan angin kencang mengguyur wilayah Wonosobo dan sekitarnya selama sekitar dua jam. Hal ini mengakibatkan longsornya dapuran dan pohon bambu di Jalan Kyai Hasyim Asyari Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo. 

Lokasinya persis di sekitar Ladang Sijadi. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut," katanya.

Baca juga: Hibrida Ancam Eksistensi Jagung Lokal di Lamaholot 

Pascakejadian itu, warga setempat bersama para relawan, DPU PR, dan BPBD bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan. Hingga saat ini, Rabu (23/3) proses pembersihan material dan pembukaan jalan masih terus berlangsung. (OL-14)

BERITA TERKAIT