22 March 2022, 19:14 WIB

Bulog Cirebon Siapkan 3,5 Ton Daging Kerbau Jelang Puasa


Nurul Hidayah | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

JELANG bulan Ramadhan, Bulog Cirebon, Jawa Barat menyiapkan 3,5 ton daging kerbau. Daging kerbau asal India itu disiapkan sebagai pengganti daging sapi.   

Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Budi Sultika, menjelaskan menjelang Ramadhan dan hari raya, biasanya ada kenaikan harga daging sapi. "Untuk itu kami menyiapkan stok daging kerbau dari India," tutur  Budi, Selasa (22/3).

Daging kerbau, lanjut Budi, dijual seharga Rp80 ribu per kilogram. "Daging sapi sekaran kan sudah tembus di atas angka Rp100 ribu, jadi kami ganti persediaan daging sapi dengan daging kerbau," tutur Budi.

Budi menambahkan bahwa ketersediaan beras, tepung terigu, gula pasir dan komoditas lainnya juga aman. Untuk beras, stok yang tersedia di gudang mereka sebanyak 61 ribu ton.

Sedangkan untuk gula pasir tersedia sekitar 62 ribu ton dan dijual sesuai dengan harga  eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kilogram. Sedangkan untuk  komoditas lainnya, seperti tepung terigu dan telur berdasarkan pantauan pihaknya hingga kini masih mencukupi.

Menyinggung rencana operasi pasar menurut Budi hingga kini belum ada."Kami masih menunggu instruksi dari pusat," tutur Budi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Pasar Pagi, Kota Cirebon, sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga. Daging ayam saat ini dijual Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp28 ribu per kilogram.

Lasmiah, pedagang di pasar tersebut menjelaskan naiknya ayam tidak sekaligus, tapi bertahap. "Tapi meski naik, tetap laku," tuturnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT