21 March 2022, 20:26 WIB

Banjir Masih Ancam Banyumas Dan Cilacap


Lilik Darmawan | Nusantara

Medciom
 Medciom
Ilustrasi

MESKI banjir yang terjadi di Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) berangsur-angsur surut, namun ancaman meluasnya banjir masih ada. Sebab, berdasarkan perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, masih ada potensi hujan deras yang terjadi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Widjonardi mengatakan bahwa sejumlah titik banjir memang ada yang surut. Namun demikian, sebagian masih banjir. "Banjir yang masih cukup tinggi berada di Kecamatan Kroya dan Nusawungu. Kami minta kepada masyarakat untuk terus siaga, apalagi masih ada potensi hujan turun," jelas Widjonardi, Senin (21/3).

Di Banyumas, Plt Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan ada beberapa titik di Banyumas yang masih banjir.  Salah satunya adalah di Kecamatan Tambak. "Kepada warga untuk tetap
waspada, terutama jika hujan kembali turun," katanya.

Sementara pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengungkapkan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG, maka masih ada potensi hujan deras. "Potensi hujan deras masih ada, sehingga bencana hidrometeorologi harus terus diwaspadai," katanya.

Menurutnya, di Cilacap dan Banyumas masing-masing ada dua kecamatan yang harus waspada. Kemudian di Wonosobo satu kecamatan dan di Kebumen ada 10 kecamatan. (OL-15)

BERITA TERKAIT