20 March 2022, 19:55 WIB

Ratusan Rumah di Musi Rawas Terendam Banjir


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Ilustrasi banjir yang melanda wilayah Sumatra Selatan.

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Musi Rawas, Sumatra Selatan, menyebabkan bencana banjir. Sebanyak 243 rumah warga di Desa Sukamana, Kabupaten Musi Rawas terendam banjir sejak Jumat (18/3) malam.

Adapun hingga Minggu (20/3) ini, banjir masih terjadi di sebagian wilayah. Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono melalui Kapolsek Terawas AKP Nastain, mengatakan bencana itu diakibatkan hujan deras yang disertai angin kencang.

Baca juga: Banjir Landa Klaten, 295 Unit Rumah Terdampak

"Sejak Jumat, kita sudah lakukan pendataan. Berdasarkan laporan, ada 243 rumah warga di Dusun II, Desa Sukamana, yang terendam air akibat curah hujan cukup tinggi," ujar Nastain, Minggu (20/3).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa banjir diawali dengan hujan deras dan angin kencang selama kurang lebih 12 jam. Tepatnya, sejak Jumat (18/3) lalu.

"Mayoritas rumah terendam air lebih kurang satu meter. Masih bersyukur tidak menelan korban luka, bahkan korban nyawa, serta kerusakan fasilitas umum," imbuhnya.

Baca juga: Harga Migor Curah di Pekanbaru Tembus Rp20 ribu/liter

Pihaknya beserta personel Polsek Terawas, Danramil beserta personel Koramil, meninjau lokasi terdampak banjir di Desa Sukmana. Tujuannya, memantau perkembangan, pengontrolan debit air, pendataan penduduk dan fasilitas umum yang terdampak hujan deras.

Unsur Tripika serta BPBD Kabupaten Musi Rawas juga menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir. "Sampai saat ini, petugas dan warga masih melakukan penyisiran dan memberikan bantuan terhadap warga," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT