18 March 2022, 20:27 WIB

Alumni Al Azhar Mesir di Indonesia Gelar Multaqa Nasional ke-7 di Mataram


Siswantini Suryandari | Nusantara

Dok Alumni Al Azhar Internasional (OIAA) Cabang Indonesia
 Dok Alumni Al Azhar Internasional (OIAA) Cabang Indonesia
 Gubernur NTB, Zulkiflimansyah memberikan sambutan pada acara makan malam dalam rangkaian Multaqa Nasional ke-7 digelar 18-20 Maret 2021.

SEBANYAK 350 alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia dari berbagai daerah berkumpul di Mataram, Nusa Tenggara Barat dalam perhelatan Multaqa Nasional ke-7 yang digelar 18-20 Maret 2022.

Multaqa serupa sebelumnya digelar di Mataram pada 2017 dan 2018, serta di Jakarta dan Solo pada 2010, 2012, 2016 dan 2018.

Multaqa kali ini mengangkat tema Mempromosikan nilai-nilai Wasathiyyah Islam untuk mendorong capaian kinerja pembangunan berkelanjutan, perspektif ekonomi, sosial dan lingkungan.

Sekjen Organisasi Alumni Al Azhar Internasional (OIAA) Cabang Indonesia, Muchlis M Hanafi mengatakan selain menjadi ajang silaturahim, multaqa diharapkan dapat mengusung berbagai isu strategis untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

"Alumni Al-Azhar diharapkan berpartisipasi dalam mobilisasi jaringan kerja ekonomi, sosial dan lingkungan yang dapat berkontribusi kepada kepentingan negara dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)," kata Muchlis M Hanafi, Jumat (18/3).

Sesi seminar akan dibuka oleh Wakil Gubernur NTB,  Siti Rahmi Jalilah pada Sabtu 19 Maret di Auditorium UIN Mataram. Tampil sebagai narasumber para pakar dari berbagai bidang keahlian, yaitu, TGB  Zainul Majdi selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Ashar Cabang Indonesia, Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia, Ibrahim al-Hud Hud yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Al Azhar Mesir.

baca juga: Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Bisa Menjadi Contoh Dunia

Narasumber lainnya adalah Meneg BUMN, Erick Tohir, Dirut Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi, Prof Irwan Trinugroho dikenal sebagai pakar Green  Economics dari UNS), Dr Yuli Yasin dari Badan Wakaf Indonesia, dan Rektor Universitas Negeri Mataram, Prof Dr Masnun Tahir.

Rangkaian Multaqa Nasional diawali dengan jamuan makan malam di hotel Lombok Raya malam ini yang dihadiri oleh Gubernur NTB, Zulkiflimansyah dan TGB M. Zainul Majdi.(RO/N-1)

BERITA TERKAIT