15 March 2022, 20:28 WIB

Polisi Tembak Pendemo karena Bakar Ruko di Papua


Mediaindonesia.com | Nusantara

Antara/Indrayadi TH.
 Antara/Indrayadi TH.
Mathius Fakhiri.

KAPOLDA Papua Irjen Mathius Fakhiri mengakui anggota Polres Yahukimo, Selasa (15/3), terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap pendemo. Ini karena mereka melakukan aksi anarkistis dengan membakar ruko yang ada di dekat kantor Kominfo di Dekai.

Akibatnya ada sejumlah orang yang menjadi korban, termasuk dua orang meninggal, dua orang mengalami luka tembak, dan seorang polisi terluka. "Dua warga dilaporkan meninggal yakni Yakob Dell, 30, dan Erson Weibsa, 20. Dua orang yang mengalami luka tembak yaitu Itos Itlay dan Lucky Kobak serta seorang anggota Polres Yahukimo dilaporkan terluka yakni Briptu Muhammad Aldi," kata Fakhiri di Jayapura, Selasa.

Diakui, dari laporan yang diterima aksi demo menolak pemekaran yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIT dan dipusatkan di halaman kantor Kominfo Kabupaten Yahukimo di Dekai. Aksi demo awalnya berlangsung aman. Namun tiba-tiba para pendemo melakukan aksi perusakan dan membakar ruko yang ada di sekitar kantor Kominfo Yahukimo sehingga anggota melakukan tindakan tegas. 

"Aparat keamanan harus mengambil tindakan tegas guna menyelamatkan masyarakat lain, termasuk yang berada di ruko yang dibakar. Apalagi aksi pembakaran yang dilakukan tersebar di beberapa lokasi," ungkap Fakhiri seraya mengaku belum bisa memastikan keterlibatan KNPB dalam aksi tersebut atau tidak walaupun dilaporkan banyak di antara pendemo yang menggunakan seragam KNPB.

Baca juga: Dua Tewas dalam Bentrokan Protes Provinsi Baru di Papua

Diduga ada provokator hingga menyebabkan pendemo melakukan aksi anarkis. Namun dalangnya masih diselidiki. 

Fakhiri mengakui, untuk memastikan langkah yang diambil anggota Polres Yahukimo sudah sesuai prosedur atau tidak, Rabu (16/3) dijadwalkan Kabid Propam Polda Papua akan ke Dekai. "Bila nanti ternyata tidak sesuai prosedur akan diambil tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya. Selain Kabid Propam, menurut Kapolda Irjen Fakhiri, pihaknya juga akan mengirimkan sejumlah pejabat Polda Papua ke Dekai, Kabupaten yahukimo. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT