08 March 2022, 15:53 WIB

Bandara Sambut Baik Penghapusan Syarat PCR dan Antigen


Palce Amalo | Nusantara

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
 ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Suasana sepi Bandara El Tari Kupang

KEPUTUSAN Pemerintah menghapus syarat tes antigen dan PCR bagi pelaku perjalanan domestik, disambut baik pihak bandara.

Humas PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Rio Hendarto mengatakan kebijakan tersebut berdampak positif karena akan mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan antardaerah dan berwisata.

Namun, ia mengingatkan masyarakat yang bepergian tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Prokes tidak boleh kendur," katanya di Kupang, Selasa (8/3).

Baca juga: Pemerintah Hapus Persyaratan Antigen-PCR Negatif untuk Perjalanan

Sesuai data statistik, jumlah penumpang pesawat di Bandara El Tari pada Desember 2021 sebanyak 117.658 orang berkurang menjadi 95.210 orang pada Januari 2021 atau berkurang sebanyak 19,2%.

Dengan demikian, diharapkan ke depan penumpang pesawat yang berangkat maupun datang di bandara El Tari semakin bertambah. Begitu juga jumlah tamu yang menginap di hotel pada Januari 2022 mengalami penurunan pada Januari 2022 sebesar 29,85% dibandingkan dengan Desember 2021 sebanyak 47,28%. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh pandemi covid-19 yang membatasi pergerakan warga.

Dengan adanya kemudahan ini, juga diharapkan memudahkan wisatawan domestik berkunjung ke lokasi wisata di Nusa Tenggara Timur yang pada gilirannya mendorong pemulihan ekonomi di daerah.(OL-5)

BERITA TERKAIT