08 March 2022, 14:17 WIB

Anggarkan Rp32 M, Kemenhub Revitalisasi Terminal Tegal


Insi Nantika Jelita | Nusantara

MI/ BARY FATHAHILAH
 MI/ BARY FATHAHILAH
Ilustrasi

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Tegal, Jawa Tengah, dengan alokasi anggaran Rp32 miliar.

Dana tersebut bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan direncanakan selesai pada Oktober 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat grounbreaking Terminal Tipe A Tegal, Senin (7/3) mengatakan, pembangunan terminal akan memakai skema mixed use dan bekerjasama dengan pihak swasta seperti yang telah dilakukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

"Akan dibangun convention center, sport center, food court, maupun mal pelayanan publik di Terminal Tipe A Tegal ini,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/3).

Budi mengatakan, sejak 2018 sebanyak 125 terminal tipe A di Indonesia telah diserahkan dari pemerintah daerah kepada Kementerian Perhubungan yang selanjutnya dalam pengelolaannya akan dilakukan revitalisasi untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Eko Agus Susanto mengaku akan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa terminal.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kembali minat menggunakan angkutan umum adalah dengan menyediakan pelayanan yang maksimal di Terminal Tipe A Tegal ini,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota Tegal Johardi menyebut, Terminal Tipe A Tegal kerap menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang melalui jalur Pantura menuju ke arah Barat dari Timur maupun ke arah Selatan menuju Purwokerto.

"Namun, karena adanya pandemi dan dibangunnya tol di lintas Jawa mengakibatkan terminal ini menjadi sepi," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT