28 February 2022, 19:30 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Lembang Meningkat


Depi Gunawan | Nusantara

ANTARA/Raisan Al Farisi
 ANTARA/Raisan Al Farisi
Wisatawan mengunjungi replika kandang rusa di Kawasan Wisata Floating Market, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (28/2).  

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat mencatat kenaikan kunjungan ke kawasan wisata Lembang pada momen libur panjang akhir pekan ini. Kenaikan kunjungan mulai terasa sejak Minggu (27/2) dan Senin (28/2).

Kabid Pariwisata pada Disparbud Bandung Barat, David Oot menerangkan, kenaikan kunjungan wisata pada libur panjang kali ini antara sekitar 25 persen dibanding pekan lalu. "Selama dua hari ini memang ada peningkatan pengunjung objek wisata," kata David Oot.

Dia menjelaskan, kenaikan kunjungan diperkirakan karena wisatawan mulai merasa bahwa penyebaran Covid-19 mulai bisa ditekan. Kemudian, gencarnya kegiatan vaksinasi kepada masyarakat.

"Vaksin kan salah satu syarat pengunjung boleh masuk ke kawasan objek wisata. Jadi mereka juga sudah merasa aman terhindar penularan Covid 19," ujarnya.

Disamping itu, faktor lainnya adalah kepercayaan pengunjung terhadap pengelola wisata yang patuh dalam menjalankan aturan pembatasan pengunjung dan penerapan Aplikasi PeduliLindungi.

"Tapi mengingat Inmendagri untuk carrying capasity maksimal 50 persen, kami tetap mengimbau agar pengaturan wisatawan yang masuk tetap terjaga sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Selama masa libur panjang kali ini, pihaknya mengarahkan seluruh pengelola objek wisata melakukan buka tutup ketika kunjungan wisatawan sudah mencapai 50 persen. "Kalau sudah melebihi 50 persen dilakukan buka tutup, pengunjung diarahkan ke objek wisata lain, biar yang lain juga kebagian," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT