26 February 2022, 10:15 WIB

Puskesmas Rekas Terendam Banjir, Pelayanan Terganggu


John Lewar | Nusantara

MI/John Lewar
 MI/John Lewar
Petugas medis Puskesmas Rekas sedang membersihkan seluruh ruangan akibat banjir berlumpur yang menggenangi isi ruangan itu.

HUJAN deras yang mengguyur Kabupaten Manggarai Barat, NTT membuat sejumlah fasilitas umum terendam banjir. Salah satunya pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kampung Rekas, Kecamatan Mbliling terendam banjir setinggi 20 cm disertai lumpur dan sampah

Kiriman vidio amatir warga Rekas memperlihatkan, hujan lebat menguyur wilayah Manggarai Barat di NTT sejak sepekan ini, menyebapkan seluruh ruangan puskesmas rekas di kecamatan Mbliling kemasukan banjir tadi malam hingga pagi ini.

Kepala Pusksesmas Rekas Arto Jelaut, saat dikonfrimasi, Sabtu (26/2) membenarkan vidio yang viral tersebut. Kondisi ini membuat para petugas medis terpaksa mengungsikan seorang ibu hamil yang hendak melahirkan tadi malam, dari ruangan persalinan ketempat yang lebih tinggi.

Dalam vidio berdurasi 2.07 detik itu memperlihatkan banjir masuk dari bagian pintu teras belakang, meluas hingga keseluruh ruangan kerja petugas medis.

Untung saja tidak ada perabot maupun perobatan hacur akibat banjir. Namun, genangan lumpur cukup menyulitkan pelayanan di puskesmas tersebut.

"Pagi ini kami harus kerja bakti bersama membersihkan lumpur yang ada di dalam ruangan kerja. Jadi pelayanan dihentikan sementara, kecuali penanganan darurat," kata Anto. (OL-13)

Baca Juga: Bupati Minta PHRI Simalungun Tetapkan Standar Harga Hotel dan Kehalalan Makanan

BERITA TERKAIT