22 February 2022, 09:40 WIB

Jembatan Ambruk, Akses Transportasi Dua Desa di Palue Terputus


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Jembatan Ojo Ubi Kecil ambruk seusai hujan deras semalaman di Kabupaten Sikka, membuat akses dua desa di Kecamatan Palue terputus, Selasa ( 

HUJAN deras yang terjadi semalam di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur membuat jembatan yang baru selesai dikerjakan pada Desember 2021 di Kecamatan Palue ambruk, Selasa (22/2).

Jembatan bernama Ojo Ubi Kecil  yang ambruk ini menghubungkan Desa Rokirole dengan Desa Nitung Lea. Akibatnya jalur transportasi kedua desa tersebut putus total.

Pejabat sementara Desa Rokirole, Benediktus Semba saat dihubungi mediaIndonesia.com, Selasa (22/2) menjelaskan hujan deras yang terjadi semalam membuat jembatan Ojo Ubi ambruk. Sementara, jembatan Ojo Ubi besar tidak ambruk hanya penuh dengan material.

"Kalau jembatan Ojo Ubi ambruk. Sementara kalau jembatan Ojo Ubi besar tidak. Jembatan yang ambruk itu baru diselesaikan dikerjakan di Desember 2022 kemarin. Kalau jembatan Ojo Ubi besar masih aman. Hanya penuh dengan material," ujar dia.

Selain itu, kata dia, jalan sepanjang  Desa Rokirole ke Desa Nitung Lea tidak bisa lagi dilewati masyarakat dengan menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini dikarenakan sepanjang jalan itu penuh dengan material batu-batu besar.

"Sekarang warga jalan kaki semua. Sepanjang jalan penuh dengan material batu akibat longsoran. Sepanjang jalan ini hanya bisa dibersihkan dengan alat berat saja," ungkap Benediktus.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sikka segera turun ke Pulau Palue agar bisa melakukan perbaikan jembatan Ojo Ubi Kecil dan melakukan pembersihan material di sepanjang jalan. "Kalau tidak dikerjakan. Maka aktivitas warga tidak bisa. Warga hanya bisa jalan kaki. Untuk kendaraan roda dua tidak bisa lewati," pungkas dia. (OL-13)

Baca Juga: Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang IKN Baru


-

BERITA TERKAIT