18 February 2022, 09:45 WIB

Lapas Lembata Pacu Vaksinasi Tahap 2 dan Booster


Alexander P. Taum | Nusantara

dok.Ant
 dok.Ant
Petugas kesehatan sedang menyiapkan dosis vaksin covid-19

MENINGKATNYA wabah covid-19 terutama varian Omicron belakangan ini, mendorong penuntasan vaksinasi di berbagai level. Vaksinasi dipandang sebagai salah satu senjata ampuh melawan penyebaran wabah Covid-19.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata, Nusa Tenggara Timur, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, kembali melaksanakan pemberian vaksin bagi Pegawai dan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), Jumat (18/2/ 2022).

Sedikitnya 28 dari 44 pegawai menerima Vaksin tahap 3 atau booster, jenis Astra Zeneca, 16 pegawai masih menunggu jadwal vaksinasi pada bulan April mendatang. 14 orang dari 88 WBP menerima vaksin tahap 2 jenis Sinovac, 1 orang menerima vaksin tahap I jenis Sinovac, 65 WBP juga masih menunggu jadwal vaksinasi tahap 2 pada 18 April mendatang, sedangkan 8 WBP telah menerima vaksin tahap 1 dan 2 sebelum masuk Lapas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata menugaskan sebanyak 10 anggota tim Nakes yang diketuai Maria Valentina Bahi. Pemberian vaksinasi tahap II dan 3  bagi tubuh agar membentuk antibodi atau imunogenitas tubuh terhadap virus Corona secara optimal.

Ia menandaskan, tujuan vaksinasi tahap 2 dan 3  ini untuk memicu respons kekebalan awal dan menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya bagi Petugas dan WBP di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata, A. Wisnu Saputro mengatakan, Pelaksanaan vaksin ini merupakan tindak lanjut dari arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menteri Hukum dan HAM dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Kalapas berharap, dengan adanya pelaksanaan vaksinasi ini, pegawai maupun seluruh WBP dan Tahanan dapat terhindar dari wabah virus Covid-19, khususnya varian Omicron yang saat ini sedang meningkat penyebarannya.

Kalapas juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata atas pemberian vaksin kepada seluruh Pegawai, WBP dan Tahanan Lapas Kelas III Lembata. (OL-13).

Baca Juga: Koster: Mafia Visa dan Karantina Merusak Kebangkitan Pariwisata Bali

BERITA TERKAIT