15 February 2022, 10:37 WIB

Aksi Balap Liar dengan Knalpot Bising Di Purwokerto Marak


Tosiani | Nusantara

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Sejumlah pemuda dari bermacam geng motor berkumpul ditepi jalan untuk menyaksikan balap liar tiap akhir pekan dan hari libur

RAZIA sepeda motor berknalpot brong yang mengeluarkan suara bising belakangan ini digencarkan kepolisian di wilayah Polda Jawa Tengah. Namun, di Purwokerto, sejumlah sepeda motor yang menggunakan knalpot brong malah bebas melakukan aksi balap liar di jalanan tiap Sabtu Malam, Minggu Malam dan hari-hari libur lainnya. Hal ini amat mengganggu warga.

Angga,37, salah seorang warga Karang Pucung, Purwokerto Selatan mengatakan, balapan liar antar pengemudi sepeda motor berknalppt brong rutin dilakukan tiap akhir pekan dan hari-hari libur. Jumlahnya mencapai lebih dari 15 an kendaraan.

Menurut Angga, kebanyakan peserta balapan liar itu adalah remaja usia sekolah. Biasanya mereka balapan di sekitaran Jalan Gerilya Barat. "Saya lihat dari dekat perempatan Bangjo Samsat, kemudian mereka berputar hingga Jalan Patriot, terkadang ke Jalan Prof M Yamin. Mereka biasa mulai balapan sekitar pukul 23.00 wib dan berlangsung hingga dini hari sekitar pukul
03.00 Wib. Karena balapan itu kondisi jalan jadi ramai dan berisik," cerita Angga, Selasa (15/2).

Meski balapan liar antar sepeda motor berknalpot brong itu telah berlangsung lama hingga berbulan-bulan, menurut Angga, belum pernah sekalipun melihat ada razia dari polisi untuk mencegah aksi mereka.

"Kalau hari biasa sepi, tapi kalau pas akhir pekan dan hari libur jadi ramai karena ada balapan liar. Suaranya memang amat berisik karena menggunakan knalpot brong,"ujar Angga.

Ari, 25, warga Purwokerto Selatan mengaku terganggu dengan suara-suara berisik dari belasan sepeda motor berknalpot brong yang melakukan balapan tiap akhir pekan dan hari libur. Hal itu membuatnya kesulitan tidur.

"Berisik banget suaranya, sangat mengganggu. Mau menegur takut nanti kami malah digeruduk," kata Ari. (OL-13)

Baca Juga: Pemusnahan Knalpot Bising di Polres Boyolali

 

BERITA TERKAIT