10 February 2022, 20:33 WIB

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Perairan Selatan Bali


Ruta Suryana | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

BALAI Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi tinggi gelombang di perairan selatan Bali bisa mencapai 1 hingga 4 meter dalam tiga hari ke depan. Sedangkan di Selat Bali berkisar 0,5 hingga 3 meter.

Menurut Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, kondisi tersebut disebabkan karena wilayah Bali sedang dalam periode musim hujan. Selain itu juga suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar 28 hingga 30 derajat Celsius.

"Suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan masa uap air) di wilayah Bali," ujar Cahyo dalam  keterangan tertulis di Denpasar, Kamis (10/2).

Sementara prediksi cuaca dalam tiga hari ke depan, lanjut Cahyo, wilayah Bali secara umum berawan, terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Bali. Angin umumnya bertiup dari arah barat-utara dengan kecepatan berkisar antara 6 hingga 38 km/jam.

Dari perkiraan kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga deras yang disertai petir  dan angin kencang berdurasi singkat di sebagaian besar wilayah Bali. Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan petir.

"Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai potensi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter lebih di perairan selatan Bali," ujarnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT