10 February 2022, 20:25 WIB

Sembilan Warga Kota Palu Positif Terjangkit Omikron


M Taufan SP Bustan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Omikron

PEMERINTAH Palu, Sulawesi Tengah, telah memastikan sembilan warganya terjangkit Covid-19 varian omikron. Mereka merupakan bagian dari 19 warga di seluruh Sulteng yang diduga positif Covid-19 varian Omikron.

"Dari 19 orang tersebut, yang berasal dari Kota Palu 14 orang. Namun baru 9 orang di antaranya yang dipastikan terjangkit varian Omikron. Untuk sisanya lima orang masih diperiksa," kata Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido, Kamis (10/2).

Menurut Reny, pemerintah Palu telah menyiapkan sejumlah rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan pasien terjangkit Omikron di Palu. Selain itu, dalam rangka antisipasi penularan pemberian vaksinasi juga terus digencarkan. Berdasarkan data terbaru penyuntikkan dosis pertama di Palu sudah mencapai 95,73% dan vaksin dosis kedua sudah 66,36%.

"Sayangnya untuk lansia baru sekitar 45 persen, masih rendah sekali. Kita harus menggenjot vaksinasi bagi lansia," tegasnya.

Tidak hanya itu, pemerintah Palu juga telah mengimbau agar seluruh masyarakat kembali memperketat protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

"Kemudian jaga jarak, karena Omicron penularannya sangat cepat, empat kali lebih cepat dari Delta. Dan masyarakat juga perlu mengurangi mobilisasi, kalau tidak penting mending di rumah saja," ungkap Reny.  

Terkait kembali tingginya penyebaran Covid-19 di Palu, pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dan takut, namun harus tetap waspada. "Intinya masyarakat harus tetap tenang. Waspada penting namun tidak juga sampai takut," tandas Reny. (OL-15)

BERITA TERKAIT