09 February 2022, 18:48 WIB

Puskesmas di Surabaya Kembali Beroperasi 24 Jam


Faishol Taselan | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Puskesmas di Surabaya, Jatim kembali buka 24 jam.

PEMERINTAH Kota Surabaya, Jawa Timur kembali mengoperasikan Puskesmas selama 24 jam penuh menyusul lonjakan virus Covid-19 dan varian baru Omikron dalam bebebarapa hari ini.

"Agar pasien Covid-19 cepat ditangani, pelayanan di Puskesmas selama 24 jam non stop," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Pada 2021, puskesmas di Surabaya sempat dibuka selama 24 jam saat kasus Covid-19 melonjak. Namun, seiring dengan melandainya kasus Covid-19, operasional puskesmas kembali seperti biasa.

"Saya ingin pasien yang ada di tingkat kelurahan dan kecamatan cepat teratasi setelah dinyatakan positif atau reaktif Covid-19, setelah dibuka 24 jam," katanya.

Eri Cahyadi juga meminta jajarannya untuk menggiatkan kembali swab  massal, swab hunter, dan 3T. Hal itu dilakukan agar pasien yang terpapar Covid-19 dapat diketahui dan cepat tertangani.

"Kalau kita memasifkan kembali swab hunter dan 3T, kita akan lebih tahu klaster-klasternya, minimal tracing itu 1:20. Jangan sampai menjadi bom waktu seperti varian Delta pada  2021," katanya.

Ia kembali menegaskan, pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Bukan hanya itu, jika ada warga Surabaya yang terkonfirmasi positif Covid-19, diharapkan segera melapor ke puskesmas terdekat atau datang ke isoter yang disediakan Pemkot Surabaya. Soal kekuatan tenaga kesehatan (nakes) di Surabaya, Wali Kota memastikan aman dan tercukupi. (OL-15)

BERITA TERKAIT