08 February 2022, 12:25 WIB

Jogo Tonggo dan Operasi Prokes Digencarkan Lagi di Magelang


Tosiani | Nusantara

Ant/Yusuf Nugroho
 Ant/Yusuf Nugroho
Program Jogo Tonggo di Jawa Tengah kembali diaktifkan untuk menangkal penyebaran omikron

PEMERINTAH Kabupaten Magelang mengaktifkan lagi program jogo tonggo dan menggencarkan lagi protokol kesehatan. Hal ini seiring meningkatnya lagi covid-19, varian omikron.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Adi Waryanto, Selasa (8/2). Menurut Adi, hal itu dinilai efektif untuk mencegah penyebaran covid-19 jenis omicron

Namun demikian, hal terpenting untuk mencegah penyebaran virus, katanya, adalah penerapan protokol kesehatan, serta upaya percepatan vaksinasi covid. Upaya tersebut tengah dikebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang.

"Hal penting yang harus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran serta dampak dari varian baru Omicron adalah percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat," kata Sekda Magelang Adi Waryanto.

Ia mengatakan, penggunaan masker utamanya dalam hal prokes ini sangat penting. Kemudian OPD terkait utamanya Dinas Kesehatan bersama rumah sakit, baik RSUD Muntilan, RSUD Merah Putih, dan puskesmas diminta untuk mempersiapkan antisipasi lebih untuk penanganan COVID-19.

Selain itu, Kantor Disdikbud dan Kantor Kemenag untuk senantiasa melakukan pengawalan terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Termasuk juga untuk melakukan testing sehingga jangan sampai terjadi klaster baru di sekolah. (OL-13)

Baca Juga: Polisi Buru Geng Motor Pembacok Indrajit di Jalan Kapten Sumarsono Medan

BERITA TERKAIT