08 February 2022, 10:16 WIB

Ada 3.252 Keluarga di Pekalongan Terdampak Banjir


Akhmad Safuan | Nusantara

Ant/Harviyan P.P
 Ant/Harviyan P.P
Curah hujan yang tinggi menyebablan banjir di 22 desa di Kabupaten Pekalongan, Selasa (8/2)

CURAH hujan tinggi menyebabkan banjir dengan ketinggian 20-90 centimeter melanda tiga kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Setidaknya ada 11.079 jiwa (3.252 keluarga) terdampak serta ratusan orang mengungsi.

Pemantauan Media Indonesia hingga Selasa (8/2) sebanyak 22 desa di tiga kecamatan yakni Siwalan, Sragi dan Tirta, Kabupaten Pekalongan dilanda bencana banjir setinggi 20-90 centimeter, ratusan warga terpaksa bertahan di pengungsian karena rumahnya tidak dapat ditempati.

Berdasarkan data diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan menyebutkan jumlah pengungsi akibat banjir tersebut mencapai 147 jiwa yakni di SD Begeri Purwodadi 50 orang, Masjid Purwodadi 37 orang dan Sekolah MI Purwodadi 60 orang serta sebuah jembatan di Desa Blimbingwuluh, Kecamatan Siwalan runtuh.

"Ada 11.079 jiwa atau 3.242 keluarga terdampak banjir yang diakibatkan tingginya intensitas hujan melanda kawasan ini selama dua hari," kata Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo.

Secara keseluruhan banjir merendam 2.636 rumah, lanjut Budi Rahardjo, namun kondisi terparah terdapat di Desa Purwodadi, Kecamatan Sragi karena ketinggian air capai 90 centimeter hingga ratusan warga terpaksa mengungsi dan mengantisipasi adanya korban jiwa disiapkan tim khusus untuk evakuasi.

Selain itu, demikian Budi Rahardjo, petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri serta relawan terus menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak. "Beberapa dapur umum juga didirikan di desa terdampak," tambahnya.

Hasil inventarisasi terhadap bencana tersebut, ungkap Budi Rahardjo, banjir yang melanda sejak sehari lalu merendam 13 desa di Kecamatan Siwalan, tiga desa di Kecamatan Sragi dan enam desa di Kecamatan Tirto sehingga ada 22 desa terdampak.(OL-13)

Baca Juga: Identitas Korban Tewas Penabrak Pembatas Jalan di Senen Masih Misteri

BERITA TERKAIT