01 February 2022, 13:20 WIB

Desa di OKI Diguyur Ratusan Miliar, Bupati Iskandar Minta Akselerasi Penyerapan 


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Bupati OKI, Iskandar.

SEBANYAK 327 desa dan kelurahan di Ogan Komering Ilir (OKI) terima SK Besaran Dana Desa untuk mempercepat akselerasi penyerapan penyaluran Dana Desa yang bersumber dari APBN dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD 2022. Ini guna memberikan manfaat dan pelayanan untuk masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bupati OKI, Iskandar mengatakan, akselerasi penyerapan DD dan ADD ini sangat penting untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa. Program penyaluran dana ini menjadi stimulan bagi peningkatan taraf hidup dan pemberdayaan masyarakat desa.

''Saya ingatkan agar seluruh kepala Desa dalam menjalankan tugas agar tertib menggunakan dana desa, kepentingan negara harus diutamakan, tidak ada tawar-menawar lagi tentang ini," ujar Bupati Iskandar, Selasa (1/2/2022).

Ia ingin seluruh kepala desa yang telah dilantik benar-benar menggunakan anggaran desa sesuai peruntukannya. ''Saya minta agar semua kepala desa menggunakan dana desa untuk tujuan membangun desa dan membahagiakan masyarakat,'' imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nursula menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten OKI untuk alokasi dana desa sebesar Rp112 miliar.

Bagi hasil pajak daerah, retribusi daerah dan hasil lelang lebak lebung untuk tahun 2022 sebesar Rp20 Miliar, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yaitu Dana Desa untuk 314 definitif yang ditransfer dari rekening kas umum negara sebesar Rp291 Miliar. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT