27 January 2022, 18:51 WIB

Pembangunan Pasar Mardika Diyakini Mampu Tingkatkan Ekonomi Kota Ambon


Mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Groundbreaking Pasar Mardika Ambon

GUBERNUR Maluku Murad Ismail mendukung pembangunan Pasar Mardika yang lebih modern di Kota Ambon. Hal itu ia ungkapkan saat Ground Breaking Pasar Mardika di Ambon, Maluku, Kamis (27/1).

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Maluku, saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah menyetujui usulan revitalisasi Pasar Mardika oleh Pemprov Maluku dan telah ditindaklanjuti oleh Menteri PU-Pera, Menteri Perdagangan, dan Menteri Keuangan sehingga pada hari ini kita sudah dapat melaksanakan groundbreaking," katanya.

Murad juga mengharapkan bangunan pasar rakyat ini akan menjadi ikon yang memberi warna lain bagi wajah Kota Ambon secara khusus dan Provinsi Maluku secara umum di masa yang akan datang, serta menjadi sarana pada perdagangan dalam meningkatkan sarana pertumbuhan ekonomi wilayah ini.

Sebelumnya, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) telah resmi memulai pembangunan Pasar Mardika Ambon, pasar rakyat yang berlokasi di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku yang telah berdiri sejak 40 tahun silam.

Pembangunan Pasar Mardika diawali dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy serta Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Abdul Halil Kastella, di pelantaran Pasar Mardika.

Bangunan baru Pasar Mardika direncanakan dibangun dengan konsep modern yang terintegrasi dengan areal komersial. Sesuai desain, pasar tradisional modern senilai Rp101,51 miliar ini memiliki luas lahan 7.900 meter persegi dengan ruang terbuka hijau 2.400 meter persegi. Serta luas bangunan 18.482 meter persegi yang mencakup empat lantai.

Lantai 1 dan 2 nantinya akan menampung pedagang basah, yaitu penjual sayur, ikan, daging, dan buah – buahan. Sementara di lantai 3 dan 4 disediakan untuk para pedagang kering, yakni penjual pakaian, elektronik, kebutuhan pokok lainnya serta pujasera sebanyak 3.200 unit los dan kios.

Diharapkan hasil pembangunan Pasar Mardika yang merupakan bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Ambon, serta memberikan nilai manfaat langsung kepada para pedagang maupun kepada masyarakat sekitar sehingga Kota Ambon memiliki fasilitas gedung yang representatif untuk menampung aktivitas perdagangan. (RO/J-2)

 

BERITA TERKAIT