26 January 2022, 13:50 WIB

Pasar Murah Minyak Goreng di Pariaman Laku Keras


Yose Hendra | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi

    
HARI pertama digelarnya pasar murah minyak goreng untuk Kecamatan Pariaman Tengah di terminal lama depan Pasar Rakyat Pariaman, Kota Pariaman, kemarin, berlangsung begitu cepat karena cepat ludesnya minyak  goreng.

Sebanyak 4.000 liter minyak yang disediakan oleh Produsen Minyak Goreng PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Group), yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pariaman, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pariaman, habis terjual pada pukul 10.45 WIB.

Melihat antusias masyarakat dalam membeli minyak goreng murah tersebut, Wali Kota Pariaman Genius Umar sangat bersyukur sekali. Karena kegiatan ini banyak sedikitnya sudah bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan minyak goreng.

''Selain bisa menghemat uang masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu, kegiatan ini juga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Pariaman dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari akan minyak goreng ini, sekaligus bisa menjaga kestabilan harga dalam upaya menekan angka inflasi," sebut Genius Umar, Rabu (26/1).

Genius Umar menjelaskan, karena jumlah penduduk Kecamatan Pariaman Tengah lebih banyak dari tiga kecamatan lainnya, maka untuk pembagian minyak goreng yang disediakan berbeda juga. Untuk Kecamatan Pariaman Tengah disediakan 4.000 liter minyak goreng, dan tiga kecamatan lainnya masing-masing disediakan 2.000 liter.

Sementara itu Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman Alyendra mengungkapkan,  Pelaksanaan Operasi Pasar Murah Minyak Goreng ini, akan digelar selama empat hari, di empat lokasi yang berbeda. Yakni di Kecamatan Pariaman Tengah, di Balai Naras Kecamatan Pariaman Utara.

 Rabu (26/1) untuk Kecamatan Pariaman Selatan, yang berlokasi di halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, dan Kamis (27/1) untuk Kecamatan Pariaman Timur berlokasi di halaman Kantor Camat Pariaman Timur.

Kegiatan Pasar Murah ini merupakan pelaksanaan dari program pemerintah dalam menyediakan minyak goreng murah bagi masyarakat dengan harga Rp14.000 per liter. Dan kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Perdagangan.

Hingga saat ini harga minyak goreng per liter di sejumlah pasar di Kota Pariaman masih mencapai Rp19.000 hingga Rp21.000 per liter. Alyendra berharap, meski tidak serta merta menekan harga, keberadaan operasi pasar murah minyak goreng ini dapat menjadi salah satu upaya pemerintah dan perusahaan dalam membantu masyarakat.

Selain itu Gunawan Ginting, Section Head General Affair PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Group) yang diwakili oleh Raja sebagai kordinator pelaksana di lapangan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dan bentuk koordinasi yang baik antara pemerintah Kota Pariaman dengan dunia usaha seperti PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Group).

Beliau mengatakan sampai akhir Januari 2022 target PT. Wira Inno Mas (Musim Mas Grup) adalah menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana dengan total 83.207 liter di Provinsi Sumatra Barat, dan secara keseluruhan target untuk Musim Mas Grup di seluruh Indonesia adalah menyalurkan sebanyak 1.006.808 liter sampai akhir Januari 2022. (YH/OL-10)

BERITA TERKAIT